Jakarta (ANTARA News) - PT Garasindo-Chrysler Indonesia (GIG-CI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Chrysler di Indonesia, memastikan mobil Chrysler 300 C dan Sebring bebas dari program penarikan untuk perbaikan ("recall").

"Sampai saat ini, kami belum ada surat pemberitahuan dari prinsipal (Chrysler LLC). Biasanya surat langsung dating setelah dua hari pengumuman recall di Amerika Serikat (AS)," ujar Managing Director GIG-CI, Muhammad Al Abdullah, di Jakarta, Senin.

Muhammad menerangkan, pihaknya pasti melakukan penarikan jika diinstruksikan oleh prinsipal. Ia mengatakan, penarikan untuk perbaikan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan ke konsumen.

Seperti diberitakan, Chrysler untuk ketiga kali tahun ini kembali melakukan recall 26.397 unit mobil di di seluruh dunia.

Lembaga Keselamatan Transportasi Jalan Raya (NHTSA) Amerika, menyatakan, model-model Chrysler yang terkena recall diproduksi pada 2010, meliputi Chrysler 300 dan Sebring, Dodge Avenger, Challenger dan Journey serta beberapa varian Dodge Ram pikap 2011.

NHTSA menilai, terdapat kebocoran pada sistem saluran di power steering yang bisa menetes ke mesin dan menimbulkan kebakaran. Para dealer, kata lembaga tersebut, akan memeriksa dan mengganti selang itu secara gratis.

Sebelumnya, pada Februari 2010, Chrysler menarik 24 ribu unit mobil terdiri atas Grand Cherokee, Sebring, Dodge Avanger dan Jeep Liberty. Selanjutnya, pada Juni lalu, Chrysler mengumumkan penarikan 683 ribu unit di seluruh dunia untuk model Jeep Wrangler dan minivan akibat ada kelainan pada gearbox.

Muhammad mengaku, GIG-CI sempat didatangi beberapa konsumen Jeep Wrangler di Indonesia. "Konsumen minta kendaraannya dicek. Tidak masalah, dan sudah kami lakukan," kata dia.

Dia optimistis recall Chrysler tidak akan mengganggu penjualan mobil ini di Indonesia. Ia mengatakan bukan hanya Chrysler selaku pabrikan mobil yang melakukan recall.

Toyota Motor Corp (TMC) baru-baru ini mengumumkan menarik 1,5 juta unit mobil di seluruh dunia untuk model Avalon produksi 2005-2006, SUV Highlander (non-hibrida), Lexus RX330 produksi 2004-2006, serta Lexus GS300, IS250, dan IS350 produksi 2006.

Chrylser resmi menjamah pasar Indonesia pada pertengahan Juli. Model yang dipasarkan antara lain Sebring Cabriolet dan Chrysler 300 C yang dilepas masing-masing pada harga Rp 650 juta dan Rp 980 juta ("on the road Jakarta").

Selain itu, GIG-CI juga menjual Jeep Wrangler Sahara, Wrangler Rubicon, dan Patriot dengan rentang harga Rp 695-825 juta. GIG-CI juga menjual Dodge Journey 7 seater Rp 475 juta. Seluruh mobil yang dipasarkan diimpor langsung dalam bentuk utuh dari AS.
(ANT-258/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010