Jakarta (ANTARA News) - Tiga mobil buatan Honda yakni Jazz, CR-V, dan Civic menyabet penghargaan untuk kategori kepuasan pelanggan dalam ajang "The 12th Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010".

"Honda Jazz menerima penghargaan yang sama untuk keempat kalinya secara berturut-turut di ajang ini. Kali ini Honda Jazz berhasil meraih nilai kepuasan pelanggan tertinggi di kelas city car dengan total nilai 4.348," ujar Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di Jakarta, Rabu.

Honda berhasil meraih tiga penghargaan dari total lima penghargaan untuk kategori otomotif.

Jonfis melanjutkan, Honda CR-V berhasil menyabet penghargaan kepuasan pelanggam untuk kelas sport utility vehicle (SUV). Prestasi ini direngkuh CR-V sejak 2008. Total penjualan CR-V sampai September mencapai 4.276 unit sejak pertama diluncurkan Februari tahun ini.

Sementara itu, kata Jonfis, Honda Civic untuk pertama kalinya menyabet ICSA untuk medium class cedan. Ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima oleh Civic pada 2010, setelah sebelumnya menggondol "Favorite Medium Saloon" dari majalah Autocar dan "Best Buy 2010 Award" dari Target Car pada pameran IIMS 2010.

"Penghargaan ini merupakan kepercayaan dari konsumen sekaligus tantangan bagi kami untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan di masa mendatang," ungkap Jonfis.

ICSA merupakan pelopor penghargaan di bidang marketing dan brand yang paling bergengsi di Indonesia karena secara langsung melibatkan survei kepuasan pelanggan terhadap produk. Tingkat kepuasan terhadap merek yang pernah dikonsumsi atau "Total Satisfaction Score" diukur dari empat variabel kepuasan, antara lain kualitas, nilai, perceived best dan ekspektasi.

Terkait penjualan Honda, Jonfis Fandy menuturkan, hingga kuartal III tahun ini, penjualan mobil masih cukup baik, meski mengalami koreksi pada September. Jonfis menilai, penurunan penjualan pada September disebabkan hari kerja yang pendek dan langkah konsumen yang melakukan pembelian mobil pada pertengahan tahun dan menjelang hari raya Idul Fitri.

"Meskipun demikian, jumlah penjualan tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu dan kami yakin pasar akan terus membaik dibanding tahun sebelumnya," jelas dia.

Per September 2010, penjualan Honda mencapai mencapai 44.458 unit, melampaui torehan penjualan tahun lalu sebesar 39.570 unit. Honda mengincar penjualan sekitar 57 ribu unit pada 2010, naik dibanding 2009 sebesar 39 ribu unit.

(ANT-258*R016/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010