Bakauheni Lampung Selatan (ANTARA News) - Ribuan kendaraan roda atau motor memadati jalan lintas Sumatera ruas Kota Bandarlampung-Pelabuhan Bakauheni sejak Minggu pagi (12/9) hingga sore hari.

Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan, Iptu Erick Bangun Putra Prakasa mengatakan, di Kalianda, Minggu, kendaraan roda dua yang memadati jalan lintas Sumatera itu sebagian merupakan pengendara arus balik menuju Pelabuhan Bakauheni dan pengunjung objek wisata.

Menurutnya, akibat meningkatnya arus kendaraan roda dua, pada Minggu siang, sejumlah titik tempat wisata mengalami kemacetan karena laju kendaraan roda empat atau lebih terhambat.

"Selain kendaraan roda dua , kendaraan roda empat juga meningkat sehingga bertambah macet," kata dia.

Menurut keterangannya kepadatan arus kendaraan ditempat wisata tersebut terjadi hingga Minggu petang dimana sejumlah pengunjung objek wisata mulai pulang.

Berdasarkan pemantauan ANTARA, kepadatan kendaraan roda dua dan roda empat terjadi di sejumlah titik seperti Taman Hiburan Rakyat Pasir Putih, Tanjung Selaki, dan Kalianda Resort atau Merak Belatung

Sementara itu, untuk penumpang arus balik roda dua di Pelabuhan Bakauheni kendaraan roda dua memang mengalami peningkatan yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Petugas Posko Terpadu PT ASDP Indonesia Ferry, I Putu Widhiatmaja, mengatakan, di Bakauheni, jumlah penumpang roda dua memang mengalami peningkatan karena bertepatan dengan akhir pekan ini.

Dia mengatakan, sejumlah kendaraan roda dua dari arah Kota Bandarlampung mulai ramai memasuki Pelabuhan Bakauheni saat arus balik ini, yang juga disusul oleh kepadatan kendaraan roda empat.

Berdasarkan data dari posko terpadu itu jumlah kendaraan hingga minggu sore pukul 16.00 WIB jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni mencapai 3.874 unit roda dua dan 2.264 unit roda empat.

Dari data tersebut, kata diam, total kendaraan yang melintas dari Kota Bandarlampung menuju Pelabuhan Bakauheni mencapai 6.307 untuk penumpang arus balik.

Dia menambahkan, jumlah penumpang sendiri yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak hingga Minggu sore, pukul 16.00 WIB mencapai 29.601 orang.(*)
(PSO-048/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010