Merak (ANTARA News) - Jumlah penumpang, baik roda dua atau lebih di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon turun drastis pada H 1 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini jumlah pejalan kaki 36. 316 orang, sedangkan 2009 lalu dihari yang sama mencapai 88. 907.

"jumlahnya mengalami penurunan sangat tajam, jika dibandingkan dengan lebaran hari pertama tahun lalu," kata salah seoarang petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Merak, Muhamad Firdaus, Sabtu.

Dia menjelaskan, antusias masyarakat Sumatera yang merantau di Jawa pada musim mudik kali ini berkurang. "Mungkin orang Sumatera yang biasa mudik bertepatan dengan idul fitri hari pertama berkurang, berbeda dengan tahun sebelumnya," katanya menjelaskan.

Data yang ada pada ASDP Indonesia Ferry, merak, menunjukan jumlah penumpang pejalan kaki pada H 1 kali ini hanya berjumlah 36. 316 orang, sedangan roda dua sebanyak 3.689 unit, dan roda empat 4.594.

"Untuk total kendaraannya saja pada H 1 hanya 8.283 unit. Ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya dimana, terdapat 88. 907 penumpang, 14. 264 roda dua, 10. 798 roda empat atau lebih, serta total kendaraan 20. 224," katanya menambahkan.

Pantauan dilokasi, sejumlah kendaraan roda dua dan empat masih terlihat di areal kawasan pelabuhan, namun jumlahnya tidak signifikan. Sementara itu pihak operator hanya mengoperasikan dua dari lima dermaga yang ada.

"Kalau tidak ada penumpang seperti ini, kami hanya mengoperasikan dua dermaga saja. Itu pun waktu untuk mengangkut penumpang ditambah, karena menunggu muatan agak banyak," kata salah satu awak KMP BSP I, Budi Santoso.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010