Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil Amerika Serikat, Ford Motor Corp, akan memasarkan sedan All New Ford Focus elektrik di pasar Amerika Utara 2011 dan akan mulai menjual Focus elektrik di pasar Eropa pada 2012.

"Mobil ini ditenagai oleh baterai lithium ion yang menggunakan cairan pendingin dan pemanas yang membantu memperpanjang umur baterai serta membuat kemampuan berkendara mobil menjadi lebih efisien," ujar Electrification Program & Engineering Director Ford Sherif Marakby dalam siaran pers, Rabu.

Sherif menyatakan, manajemen panas dari baterai lithium merupakan faktor penting dalam semua kendaraan elektrik, dikarenakan suhu ekstrem dapat memengaruhi performa, reliabilitas, keselamatan serta durabilitas.

Untuk itu, kata dia, Ford telah memilih sebuah cairan aktif yang memiliki daya pendingin dan pemanas untuk menjaga suhu baterai, meski bekerja dalam berbagai jenis suhu.

"Sistem cairan aktif lebih efektif dibandingkan dengan sistem pendingin udara dalam menstabilkan suhu baterai. Sebagai hasilnya, sistem cairan aktif tersebut akan memainkan peran penting dalam memberikan performa terbaik bagi para pengguna," katanya.

Sistem cairan pendingin dan pemanas aktif ini juga mampu membuat Focus elektrik untuk mengkondisikan ulang suhu baterainya secara otomatis selama dalam posisi mengisi ulang. Selama kendaraan dalam kendaraan terpasang di power grid, sistem kendaraan akan memanaskan baterai dalam keadaan dingin lalu mendinginkannya dalam keadaan panas.

Focus elektrik akan dirakit di pabrik perakitan Michigan yang telah direnovasi dan akan mulai beroperasi pada 2011. Focus diklaim mampu menjelajah jarak 100 mil tanpa menggunakan bahan bakar sama sekali.

Focus elektrik merupakan salah satu dari kendaraan elektrik Ford yang akan diluncurkan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Ford juga akan melepas mobil komersial kecil elektrik, Transit Connect, pada akhir 2010 diikuti oleh dua generasi terbaru dari mobil hibrid elektrik lainnya.

"Di samping itu, Ford juga bakal melansir kendaraan plug-in hybrid yang juga akan diluncurkan di pasar Amerika Utara pada 2012 dan Eropa 2013. Ini merupakan strategi Ford dalam menawarkan berbagai model ramah lingkungan," papar Marakby.
(ANT-258/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010