Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Lampung Brigjen Pol Sulistyo Ishak menyatakan bahwa arus mudik di Provinsi Lampung hingga H-2 Lebaran lancar.

"Secara umum arus mudik di Lampung berlangsung lancar dan aman mengingat sarana angkutan serta infrastruktur jalan cukup baik," kata Kapolda, saat pemaparan di hadapan Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi beserta rombongan di Kantor Indonesia Ferry ASDP Bakauheni, Lampung Selatan, Rabu.

Ia menyebutkan, untuk menjaga kelancaran arus mudik, Polda Lampung beserta jajaran telah menggelar Operasi Ketupat 2010, sejak 3 hingga 16 September mendatang.

Personil yang diterjunkan pada arus mudik-balik Lebaran 2010, lanjutnya, berjumlah 3.153 orang untuk menjaga kelancaran arus mudik serta menjaga dari tindakan kriminal.

Selain itu, instansi terkait lainnya seperti dinas perhubungan, kesehatan, Jasaraharja, TNI dan lainnya turut pula membantu kelancaran arus mudik.

"Total petugas yang diterjunkan menjaga kelancaran dan keamanan pada arus mudik-balik lebaran sebanyak 5.202 personil," ujarnya.

Kapolda lebih lanjut mengatakan, angkutan lebaran baik darat, laut dan udara pada arus mudik-balik di Lampung cukup.

Untuk kendaraan bus berjumlah 1.727 unit, tiga kereta api reguler, kapal ro-ro 30, dan satu kapal cepat, dan penerbangan sebanyak sembilan kali.

Khusus di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan lima dermaga digunakan untuk bersandarnya kapal ferry. Sedang kantong parkir di pelabuhan itu dapat menampung 3.160 unit kendaraan.

Untuk pengamanan di pelabuhan, lanjutnya, personil yang diturunkan sebanyak 471 orang. Mereka tidak hanya ditempatkan di pelabuhan tetapi juga di kapal ferry.

"Sebanyak 42 CCTV juga ditempatkan di pelabuhan itu untuk mengantisipasi tindak kriminal," ujarnya.

Sementara, Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi beserta rombongan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan untuk memantau arus mudik di pelabuhan tersebut.

Turut dalam rombongan Menhub, Panglima TNI Jenderal Joko Santoso, Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, beserta pejabat lainnya.

"Pelabuhan Merak dan Bakauheni harus sama-sama selalu dimonitoring, sehingga pelayanan angkutan lebaran tahun ini dapat berjalan lebih baik," kata dia menambahkan.

(A054/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010