Kupang (ANTARA News) - PT (Persero) Ferry Indonesia Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang akan meningkatkan frekuensi pelayaran pada semua lintasan penyeberangan di Nusa Tenggara Timur untuk mengantisipasi ledakan arus mudik Lebaran 2010.

"Untuk lintas penyeberangan Kupang-Larantuka dari dua kali seminggu, akan kita tingkatkan menjadi tiga kali seminggu pada setiap hari Minggu, Selasa, dan Kamis," kata Manager Operasi PT (Persero) Ferry Indonesia ASDP Cabang Kupang Arnold Yansen di Kupang, Minggu.

Sementara, lintas penyeberangan Kupang-Rote, kata Yansen, juga ditingkatkan menjadi dua kali dalam sepekan pada setiap tanggal ganjil di bulan September, sedang dari Rote ke Kupang pada setiap tanggl genap pada bulan yang sama.

Ia menambahkan untuk lintas penyeberangan Kupang-Kalabahi di Pulau Alor sekitar 137 mil dari Kupang, juga ditingkatkan frekuensi pelayarannya menjadi dua kali dalam sepekan pada setiap hari Selasa dan Sabtu.

Sedang, untuk lintas penyeberangan Kupang-Sabu sekitar 120 mil dari Kupang akan dilayani pada setiap hari Senin dan Rabu langsung menuju Waingapu di Pulau Sumba bagian timur.

Untuk lintas penyeberangan Kupang-Aimere di Pulau Flores bagian tengah dilayani pada setiap hari Kamis (PP), dan Kupang-Ende-Waingapu setiap hari Jumat (PP).

PT Ferry Indonesia ASDP Cabang Kupang memiliki enam armada kapal feri untuk melayani semua lintasan penyeberangan di NTT, yakni KMP Ile Mandiri, KMP Ile Ape, KMP Ile Boleng, KMP Umakalada, KMP Rokatenda dan KMP Cucut.

Yansen mengatakan antisipasi yang dilakukan pihaknya dengan meningkatkan frekuensi pelayaran pada semua lintasan penyeberangan tersebut semata-mata untuk memperlancar arus mudik Lebaran dari Kupang menuju kota-kota lainnya di Flores, Alor dan Sumba.

"Dengan kemampuan armada yang ada, kami pandang sudah cukup memadai untuk melayani arus mudik Lebaran 2010, karena semua lintas penyeberangan sudah ditingkatkan frekuensi pelayaran kapal feri," demikian Arnold Yansen.
(ANT/P003)
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010