Los Angeles (ANTARA News) - Tom Hanks merupakan pendukung utama penggunaan mobil elektrik sejak beberapa tahun lalu. Dia tak mau kembali ke diesel.

Kini, dia terlihat berkeliling di sekitar Los Angeles dengan kendaraan ramah lingkungan tapi yang lebih menarik dari sebelumnya.

Seperti diberitakan Daily Mail, aktor berusia 54 itu terlihat di distrik Brentwood menggunakan (toyota) Scion XB hibrid yang sudah diubah menjadi mobil listrik menggunakan sistem yang disebut eBox.

Kendaraan hybrid menggunakan mesin dan baterai sehingga bahan bakarnya lebih hemat sedangkan mobil listrik sepenuhnya digerakkan oleh baterai.

Mobil itu mungkin bukan mobil paling menarik di jalan, tetapi juga bukan mobil termurah. Hanks mengeluarkan uang senilai 55.000 dolar untuk mobil itu. Kendaraan itu mengunakan 625 pon batere lithium yang memungkinkannya berjalan dalam jarak 140-180 mil. Kecepatan tertingginya 95 mph, dan mengisi 355 volt selama 2 dan 5 jam.

Aktor yang bermain di film "Da Vinci Code" itu sudah memiliki mobil elektrik selama empat tahun terakhir dan merupakan salah satu selebriti pertama yang memuji kendaraan itu.

"Ada tiga mobil elektrik di bulan dan satu lagi ada di garasi saya. eBox masuk akal di Los Angeles. Saya bisa mengendarainya sepanjang akhir pekan, membawa anjing jalan-jalan dan membantu teman saya pindah, dan kalau saya berhenti di pom bensin, itu untuk beli makanan dan tiket lotere," kata Hanks.

Tahun lalu, dia bahkan menulis di majalah New Yorker untuk menanggapi satu artikel yang berjudul "Who Killed The Electric Car?".

"Saat perusahaan mobil secara kolektif, dan, secara jahat, memutuskan untuk menarik mobil-mobil ini, maka kendaraan listrik menghilang kecuali milik saya."

"Mobil elektrik saya baru-baru ini odometernya sudah mencatat 50 ribu mil tapi masih menggunakan baterai asli dan tanpa sepercikpun bensin."

Hanks baru-baru ini mempromosikan film "Toy Story 3", dalam film franchise terakhir ini dia mengisi suara karakter Woody.(ENY)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010