Jakarta (ANTARA News) - Toyota mewujudkan kepedulian kepada lingkungan hidup dan tantangan terbatasnya sumber daya alam lewat Toyota Prius dan FT-EV II.

Dua kendaraan dengan mengedepankan inovasi teknologi ramah lingkungan itu tampil dalam The 18th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 di Kemayoran, Jakarta, dari tanggal 23 Juli sampai 1 Agustus 2010.

"Prius dan FT-EV II yang kami hadirkan pada IIMS 2010 in merupakan salah satu perwujudan visi Toyota untu menghadirkan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor dalam siaran persnya, Senin.

Prius yang telah terjual sebanyak 1,7 juta unit dikembangkan dari teknologi 'hybrid vehicles' (HV). Teknologi hibrida itu membuat Prius bisa mendapatkan tenaga dari motor listrik dan mesin konvensional. Berdasarkan konsep HV, Toyota mengembangkan Plug in Hybrid Vehicle (PHV) dan Fuel-Cell Hybrid Vehicle (FCHV).

Selain Prius, keseriusan Toyota dalam mengembangkan kendaraan berorientasi masa depan juga terlihat dalam FT-EV II yang merupakan pengembangan dari TF-EV, cikal bakal dari 'city car' bertenaga listrik masa depan.

FT-EV II adalah kendaraan unik bertenaga listrik yang mengaplikasikan teknologi 'drive by wire' dengan kemudi mirip 'joy stick' yang bisa mengatur semua fungsi seperti rem, perpindahan gigi, rem, dan kemudi.

Senyap ketika dikendarai, dilengkapi dengan 'panoramic window', nihil gas buangan, dan bahkan diracang sebagai alat komunikasi serta pencari informasi, FT-EV II adalah cerminan kendaraan masa depan perkotaan.

"Tentunya semua ketelitian dalam inovasi ini diharapkan dapat menghadirkan kebaikan bagi semua pihak," pungkas Johnny Darmawan. (Ber/A038/BRT)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010