Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (pemprov) Papua menyiapkan tempat berjualan sementara bagi "mama-mama" pedagang asli provinsi paling timur itu di halaman Badan Informasi dan Komunikasi Papua.

Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu, di Jayapura, Sabtu, mengatakan lokasi sementara bagi mama-mama pedagang asli berjualan itu akan ditata baik dan diberi tenda serta meja jualan agar lebih tertib dan teratur.

Tenda yang akan dipakai berjualan oleh mama-mama Papua itu telah dipesan dari luar provinsi dan barangnya telah datang di Jayapura, sehingga tinggal menunggu petugas untuk memasangnya.

"Mama-mama pedagang asli Papua tolong bersabar sedikit lagi. Setelah semuanya selesai dipasang di lokasi pasar sementara itu, maka sudah siap untuk digunakan," paparnya.

Ia berani menjamin kalau lokasi berjualan sementara yang diperuntukan mama-mama pedagang asli Papua itu sudah bisa digunakan paling lambat Desember nanti.

"Mama-mama pedagang silakan berjualan di lokasi pasar sementara yang kita siapkan. Tetapi nanti jika pasar permanen bagi mama-mama sudah selesai maka harus pindah lagi ke pasar itu," kata Barnabas.

Mama-mama pedagang asli Papua memang selama ini menuntut pemerintah daerah setempat untuk membangun sebuah pasar modern  di jantung kota Jayapura.

Mereka bahkan sempat beberapa kali menggelar unjuk rasa di kantor Wali Kota Jayapura dan kantor Gubernur Papua. Puncaknya, mereka melakukan aksi menginap di halaman kediaman gubernur.(*)

KR-MBK/E011/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010