Jakarta (ANTARA) - Windows 11 dikabarkan tersedia sebagai peningkatan gratis tidak hanya untuk pengguna Windows 10, tetapi juga untuk mereka yang menjalankan Windows 7 dan Windows 8.1, menurut laporan dikutip dari Gadgets 360, Kamis.

Beberapa referensi tentang dukungan peningkatan yang ditingkatkan telah muncul dari build Windows 11 yang baru-baru ini bocor sebelum pengumuman resminya.

Microsoft sebelumnya menjalankan program peningkatan gratis serupa untuk Windows 10, yang bertujuan untuk membawa lebih banyak pengguna ke sistem operasi Windows terbaru dan dengan aman memindahkan orang dari platform lama yang tidak lagi didukung oleh Microsoft.

Baca juga: Microsoft umumkan desain baru menu "Start" Windows 10

Pengembang XDA melihat beberapa kunci konfigurasi produk dalam bocoran Windows 11 build yang membawa judul Windows 7 dan Windows 8.1. Kunci-kunci ini bisa menjadi indikasi Microsoft membawa Windows 11 sebagai peningkatan gratis untuk pengguna pada sistem operasi Windows yang lebih lama.

Namun, menarik untuk dicatat bahwa Windows 8 bukan merupakan bagian dari kunci konfigurasi. Ini menunjukkan bahwa pengguna Windows 8 mungkin diminta untuk meningkatkan ke Windows 8.1 sebelum pindah ke Windows 11.

Menurut data yang disediakan oleh platform analitik Statcounter, Windows 7 adalah sistem operasi Windows terbesar kedua di dunia setelah Windows 10, dengan 15,52 persen pangsa pasar pada Mei. Diikuti oleh Windows 8.1 yang memiliki pangsa 3,44 persen. Sebaliknya, Windows 8 memiliki pangsa 1,27 persen.

Peluncuran Windows 11 ditetapkan untuk 24 Juni. Namun menjelang debutnya, sistem operasi baru telah dirinci melalui build yang bocor yang menyarankan menu Start baru dan beberapa perubahan tingkat antarmuka utama lainnya.

Pengguna Windows 10 akan mendapatkan Windows 11 sebagai peningkatan gratis setelah dirilis, meskipun tidak jelas apakah itu akan segera tersedia untuk sistem operasi generasi lama.

Sebelumnya, Microsoft telah menjalankan program peningkatan gratis untuk Windows 10 yang memungkinkan pengguna Windows 7 dan versi yang lebih baru untuk pindah ke sistem operasi terbaru. Dan meskipun perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington itu mengakhiri pemutakhiran gratis pada tahun 2017, pengguna di Windows 7 dan Windows 8.1 ternyata memiliki opsi yang tersedia hingga beberapa bulan yang lalu.

Baca juga: Microsoft umumkan pembatalan Windows 10X

Baca juga: Xbox Cloud Gaming uji coba di PC dan iPhone

Baca juga: Aplikasi Android akan hadir di Windows 10

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021