Solo (ANTARA News) - Tim Nasional Usia 16 Tahun menargetkan juara AFF U-16 Championship 2010 di Stadion Manahan Solo, 20 - 26 September 2010, demikian Petri Oktavianus, etua panitia penyelenggara pertandingan kepada wartawan di Solo, Sabtu.

"Empat kesebelasan yang akan bertanding di Solo itu merupakan tim yang masuk empat besar Asia. Kami berharap berlangsung seru," katanya.

Keempat tim itu adalah Tim Nasional Usia 16 Tahun (Timnas U-16) Indonesia, China, Vietnam, dan Timor Laste. Ketiga tim asing diharapkan tiba di Solo hari Sabtu ini.

Kejuaraan itu sekaligus sebagai ajang uji coba bagi Timnas U-16 untuk persiapan tampil di Uzbekistan akhir Oktober 2010.

"Ya, Timnas U-16 kalau dalam penampilannya di Uzbekistan nanti bisa masuk ke perempatfinal akan bisa lolos ke Piala Dunia pada tahun 2011 di Meksiko," kata Edy Prasetyo, anggota panitia kejuaraan AFF U-16 tersebut.

Eddy mengharapkan para suporter bola memberikan semangat kepada Timnas U-16 yang akan berlaga di Solo ini.

"Meski hanya turnamen, akan memberikan arti besar bagi para pemain apabila Timnas U-16 bisa memenangi pertandingan itu," ujarnya.

Pelatih Timnas U-16 Mundari Karya mengatakan bahwa anak asuhannya masih buta dengan kekuatan lawan karena belum pernah ketemu.

"Tim ini yang mewakili Asia untuk maju dalam kejuaraan di Uzbekistan semestinya juga tidak bisa dianggap enteng," katanya.

Senin (20/9), Cina akan menghadapi Vietnam, dilanjutkan Indonesia yang akan menjajal Timor Leste, lalu pada Rabu (22/9), giliran Timor Leste yang dihadapi China, sementara Indonesia manantang Vietnam.

Pertandingan dilanjutkan Jumat (24/9) di mana yang main pertama adalah Vietnam melawan Timor Leste, kemudian Indonesia melawan China PR. Hari Minggu (26/9) digelar pertandingan final.(*)

J005/D007/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010