Turin, Italia (ANTARA News/AFP) - Fiat Italia ingin meningkatkan kepemilikan sahamnya di Ferrari menjadi 90 persen dan sedang dalam pembicaraan dengan dana Mubadala Abu Dhabi atas lima persen sahamnya, CEO Sergio Marchionne mengatakan Kamis.

"Saya berpikir bahwa Fiat berada dalam posisi untuk kembali ke posisi awal dari 90 persen dari modal produsen mobil mewah Ferrari," Marchionne mengatakan setelah pertemuan dengan pemegang saham.

Fiat saat ini memiliki 85 persen, sedangkan 10 persen sisanya dimiliki oleh Piero Ferrari, putra Enzo Ferrari pendiri Ferrari.

Harian Italia Il Giornale pada Rabu mengatakan Fiat tengah dalam pembicaraan untuk membeli saham milik Mubadala.

Namun Marchionne, Kamis mengatakan, bahwa Fiat sedang mencari "sebuah solusi yang akan memungkinkan mereka untuk tetap menjadi pemegang saham signifikan di Ferrari sementara memungkinkan
Fiat untuk kembali ke 90 persen."

Dia tidak rumit.

Opsi Fiat untuk mengakuisisi saham dana pada 302,7 euro (392,6 dolar) per saham berakhir pada 31 Juli.

Fiat memasuki modal Ferrari pada 1969, naik menjadi 90 persen setelahkematian Enzo Ferrari pada 1988 dan kemudian menjual sebagian sahamnya selama periode krisis 2002.

Pada 2006, kepemilikan Fiat naik kembali menjadi 85 persen dari Ferrari, yang tidak terdaftar sebagai saham publik. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010