Jakarta (ANTARA) - Toyota secara resmi meluncurkan sebuah kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) New Land Cruiser yang dapat menciptakan pengalaman berkendara dengan kemampuan mengatasi semua jenis jalan baik on road maupun off road.

Hadir dengan dua tujuan, New Land Cruiser ini akan mengembangkan SUV baru ini dengan "mewarisi dan mengembangkan semangat" "keandalan, daya tahan, dan kinerja off-road".

Baca juga: Toyota Land Cruiser bakal setop produksi?

Pabrikan asal Jepang tersebut akan mempertahankan struktur body-on-frame kendaraannya Land Cruiser guna mengejar misi mereka untuk menciptakan sebuah SUV yang mampu melibas semua jenis jalan ditambah dengan kehadiran platform GA-F yang didasarkan pada Toyota New Global Architecture (TNGA).

Baca juga: Gloster, calon SUV baru MG penantang Land Cruiser dan Cherokee
 
The New Toyota Land Cruiser (ANTARA/Toyota Global)


Toyota ingin mewujudkan sebuah mobil berbobot yang lebih ringan, bobot keseluruhannya berkurang hingga 200 kg.

Dalam pengujianya, Toyota mempercayakan Land Cruiser kepada banyak pembalap untuk mengujinya, termasuk pembalap Reli Dakar untuk memastikannya bisa bersaing di dalam dan di luar jalan.

Hasil dari uji coba ini menghasilkan peningkatan kinerja suspensi dasar yang memungkinkan artikulasi roda lebih banyak, monitor multi-medan untuk memberikan pandangan yang jauh lebih baik, pemilihan multi-medan yang membantu mengoptimalkan traksi untuk kondisi yang berbeda, dan E-KDSS,  "Electronic Kinetic Dynamic Suspension System" dan Toyota mengatakan itu adalah yang pertama di dunia yang meningkatkan ketahanan jalan.


Baca juga: Ini SUV tercepat di dunia, tembus 370 km per jam
The New Toyota Land Cruiser (ANTARA/Toyota Global)



Kendaraan ini memiliki dimensi lebar, dan jarak sumbu roda, serta sudut keberangkatan dan sudut pendekatan sama dengan model seri 200 sebelumnya. Model tersebut memiliki panjang 4.990 mm (196,5 inci), lebar 1.980 mm (78,0 inci), memiliki jarak sumbu roda 2.850 mm (112,2 inci).

Pada bagian luar, kendaraan ini juga mengejar keindahan fungsional yang sejalan dengan warisan Land Cruiser, seperti posisi dan bentuk bumper yang tidak mungkin rusak saat berkendara di luar jalan raya.

mengejar keindahan fungsional yang sejalan dengan warisan Land Cruiser, seperti posisi ringan dan bentuk bumper yang tidak mungkin rusak saat berkendara di luar jalan raya.

Selain itu, Toyota mengejar kenyamanan operasional dengan memposisikan sakelar yang dapat dioperasikan secara intuitif sesuai fungsi, dan menggunakan desain bentuk dan warna yang meningkatkan pengoperasian.

Mengutip dari laman resminya, Land Cruiser baru telah mengadopsi paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense terbaru dengan fungsi-fungsi lanjutan tambahan. Dua fungsi telah ditambahkan ke sistem pra-tabrakan yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan dengan mendeteksi pejalan kaki (siang dan malam) dan pengendara sepeda (siang hari).

Yang pertama adalah fungsi yang mendeteksi kendaraan yang melaju di persimpangan dan pejalan kaki yang melintas di jalan ketika kendaraan berbelok ke salah satu arah.

Yang kedua adalah fungsi kemudi darurat dan penghindaran tabrakan, yang membantu menjaga kemudi dan lajur dan dipicu saat pengemudi melakukan manuver kemudi untuk menghindari tabrakan.

Selanjutnya, Land Cruiser baru telah mengadopsi Rem Dukungan Parkir baru, yang membantu mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir, mendekati kendaraan saat kendaraan mundur, dan pejalan kaki.

Mobil ini ditopang dengan dua jenis mesin bensin dan diesel. Yang pertama adalah V6 3,5 liter yang menggunakan bahan bakar bensin menghasilkan tenaga 305 kW (409 hp, 415 PS) dan torsi 650 Nm (479 lb-ft).

Sedangkan yang kedua adalah V6 3,3 liter yang menggunakan diesel dan menghasilkan 227 kW (304 hp, 309 ps) tetapi menghasilkan torsi 700 Nm (516 lb-ft).

Setelah mencapai semua evolusi ini, Toyota berencana untuk meluncurkan Land Cruiser baru di seluruh dunia mulai musim panas ini.


Baca juga: Land Cruiser Bertahan 60 Tahun

Baca juga: Toyota tingkatkan fitur keselamatan New Alphard - New Vellfire

Baca juga: Toyota 4Runner TRD Sport 2022 hadir sebagai SUV yang nyaman


 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021