Cianjur (ANTARA News) - Antrian kendaraan sepanjang 20 kilometer terjadi di jalur PUncak - Cianjur menuju Jakarta terjadi sejak Minggu  pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.15 WIB akibat terjadinya penumpukan kendaraan keluar masuk kawasan wisata dan rumah makan di sepanjang jalur tersebut.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKBP Gatot Hadi Utomo di Cianjur, Minggu mengatakan pemberlakuan satu arah masih belum dapat diberlakukan karena penumpukan terjadi di beberapa titik seperti Kawasan Wisata Cibodas, Taman bunga, Taman Matahari dan Taman Safari.

"Kami masih belum dapat memberlakukan satu arah karena penumpukannya terjadi di lokasi-lokasi tersebut dan hampir diseluruh rumah makan yang ada di kawasan Puncak, Bogor," katanya.

Ia menjelaskan jalur Puncak-Cianjur ini tidak hanya dilewati oleh para pemudik yang akan menuju ataupun kembali ke Jakarta namun banyak pula wisatawan yang sengaja berwisata di Puncak ataupun Cianjur.

Salah seorang pengemudi yang bersama keluarganya usai bersilaturahmi di daerah Cianjur, Haji Amril menuturkan selama dua jam kendaraanya hanya dapat bergeser sepanjang enam kilometer. "Jalur ini benar-benar padat dan kami sudah lebih dari dua jam berada di sini," ujar warga Jakarta Timur yang berada di Jalan raya Cimacan, Cianjur tersebut.

Penumpukan juga terjadi di Mesjid At Atawaun, Gunung Mas Bogor sehingga kemacetan hingga kini masih belm dapa diatasi dengan baik oleh pihak kepolisian.

Kendaraan menuju arah Jakarta terdiri dari dua lajur sedangkan antrian dari arah Jakarta menuju Puncak berangsur lancar setelah melewati perbatasan Puncak Pass.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010