Bogor (ANTARA News) - Petugas Satlantas Polres Bogor di Posko Utama Operasi Ketupat Ladoya 2010 Simpang Gadok mencatat pada Minggu mulai pukul 08:00 WIB hingga 13:00 WIB sebanyak 20.000 kendaraan roda empat bergerak naik menuju Puncak.00

Kapolres Bogor, AKBP Tomex Korniawan yang terjun langsung kelapangan menyebutkan, kondisi arus lalu lintas di kawasan Puncak terjadi kepadatan disebabkan tingginya volume kendaraan dari dan ke tempat wisata itu.

Sementara untuk jumlah kendaraan roda dua yang melintas menuju Puncak sebanyak 7.000 kendaraan.

Memasuki H+2 Lebaran 1431 Hijriah kepadatan arus di Puncak terus terjadi, pada hari sebelumnya di jam yang sama jumlah kendaraan yang masuk ke Puncak untuk roda empat sebanyak 2.549 dan roda dua sebanyak 7.231 kendaraan.

Arus lalu lintas didominasi kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua yang datang dari arah Jakarta, Sukabumi dan Bogor sendiri yang ingin berkunjung ke lokasi wisata di kawasan Puncak.

Ia menyebutkan, saat ini kepadatan terjadi dari arah Jakarta menuju Puncak di Taman Wisata Matahari dan Taman Safari Indonesia.

"Volume kendaraan hari ini cukup padat dari hari sebelumnya, hari ini puncak libur lebaran dan akhir pekan, sehingga banyak yang memanfaatkan untuk berwisata," kata Kapolres.

Kapolres menyebutkan, guna mengurai kemacetan penanganan yang dilakukan oleh aparat kepolisian dengan melakukan sistem satu arah dan buka tutup di jam-jam tertentu.

"Tadi sekitar pukul 08:30 WIB, kita sudah memberlakukan jalur satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak dan sudah dibuka kembali pada pukul 13:00 WIB," jelasnya.

Saat ini, lanjut Kapolres, petugas tengah bersiap-siap memberlakukan sistem satur arah untuk yang ke dua kalinya dengan memprioritaskan jalur turun dari arah Puncak menuju Jakarta.

Pantauan di CCTV pada pukul 15:13 WIB kepadatan terlihat dari Gerbang Tol Simpang Gadok, antrian tiga lapis kendaraan masih memadati arus lalu lintas menuju Puncak.

Antrian panjang juga terlihat dari arah Taman Safari dengan ekor kendaraan sampai Rindu Alam. Laju kendaraan tertahan dengan kecepatan 5-10 km perjam.

Jalur Puncak hambatan terjadi di Taman Wisata Matahari, menyebabkan arus naik dan turun dari Puncak menjadi tersendat. sedangkan di Simpang Ciawi kepadatan terjadi di pintu Tol Ciawi menuju Sukabumi.

Saat ini petugas memberlakukan sistem satu arah terpenggal di kawasan Taman Safari Indonesia, untuk menurunkan arus dari arah Cipanas menuju Simpang Gadok.
(KR-LR/M027)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010