Monza, Italia (ANTARA News) - Juara dunia dua kali Fernando Alonzo siap memberikan pesta kepada pada pendukung tim tuan rumah Ferrari ketika meraih start pertama (pole position) setelah mencatat waktu tercepat pada babak kualifikasi balap Formula Satu Grand Prix Italia di sirkuit Monza, Sabtu.


Alonso, pembalap berusia 29 tahun yang untuk pertama kali membela Ferrari di hadapan pendukung mereka, mencatat waktu tercepat satu menit 21,962 detik di sirkuit Autodromo Nazionale di Monza.


"Ini sirkuit yang fantastis untuk meraih urutan terdepan di Italia bersama Ferrari," kata Alonso yang menjadi pembalap pertama yang mencatat waktu di bawah satu menit 22 detik.


Bagi Alonso, inilah "pole position" yang pertama sepanjang musim lomba tahun ini, atau prestasi yang ke-19 sepanjang karirnya.


Juara bertahan Jenson Button yang membela McLaren berada di posisi kedua dengan catatan waktu satu menit 22,084 detik, mengungguli Felipe Massa, rekan satu tim Alonso.


"Saya gembira bisa berada di urutan kedua. Ini adalah barisan start terdepan pertama bagi saya tahun ini. Saya mendapat posisi start bagus dan berharap bisa tampil dengan baik di lomba nanti," kata pembalap Inggris itu seperti dilaporkan AFP.


Pada babak kualifikasi yang berlangsung di bawah cuaca cerah langit kota di utara Italia itu, dengan suhu lintasan 39 derjat Celsius dan suhu udara 26 derjad, kubu Ferrari mendapat perhatian paling besar dari media karena di sana ada bintang film Hugh Grant dan Presiden Ferarri Luca di Montezemolo.


Hasil sesi pertama kualifikasi sudah bisa ditebak karena dua pembalap dari Ferrari dan McLaren tampil sebagai yang tercepat.


Sementara pembalap yang tercecer adalah dua pembalap tim Lotus, yaitu Jarno Trulli dan Heikki Kovalainen, disusul pembalap Force India, Vitantonio Liuzzi dan Timo Glock, serta Lucas di Grassi, Bruno Senna dan Sakon Yamamoto.


(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010