Cilegon (ANTARA News) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten memperdiksi perputaran uang selama musim libur lebaran tahun ini di kawasan wisata Anyer dan Carita sebesar Rp50 miliar.

"Selama musim liburan idul fitri satu minggu ini, kami menghitung uang yang berputar Rp20 miliar sampai Rp50 miliar," kata Ketua PHRI Provinsi Banten, Achmad Sari Alam, Sabtu.

Dia menjelaskan, prediksi tersebut berdasarkan perhitungan hotel dan restoran di sepanjang jalur wisata Anyer, Kabupaten Serang dan Carita Kabupaten Pandeglang. Dimana, satu kamar satu hari biayanya mencapai Rp2 juta.

"Jumlah hotel di dua kawasan wisata itu 1.000 buah ditambah lagi rumah makan, yang jumlahnya tidak sedikit," katanya menjelaskan.

Belum lagi tempat-tempat usaha yang dibuka oleh masyarakat sekitar secara kecil-kecilan seperti menjual minuman, makanan, dan sejumlah aksesoris seperti baju khas Pantai Anyer dan Carita.

"Selama satu pekan ini, saya yakin kalau cuaca mendukung, cerah dan tidak hujan, perputaran uang bisa melebihi angka Rp50 miliar," katanya menjelaskan.

Keyakinannya pihak PHRI Banten itu katanya, menginggat saat ini sebanyak 1.000 kamar hotel berbintang di Anyer dan Carita sudah dipesan oleh tamu sejak tanggal 6 September lalu.

"Pemesanan kamar sudah terjadi sebelum lebaran, bahkan saat ini masih banyak pesanan kamar atau vila, dan sudah masuk dalam daftar waiting list hotel," katanya mengungkapkan. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010