Hong Kong (ANTARA News/AFP) - Air China pada Jumat mengumumkan kesepakatan untuk membeli empat pesawat dari Boeing, mengutip daftar harga sebesar 1,15 miliar dolar Amerika Serikat (AS), tetapi mengatakan menerima "konsesi harga yang signifikan" pada transaksi tersebut.

Maskapai penerbangan itu tidak menunjukkan harga sebenarnya yang akan dibayar untuk pesawat tersebut, namun mengatakan menikmati diskon serupa di kesepakatan lainnya dengan Boeing bulan lalu.

Dalam pernyataan kepada Bursa Efek Hong Kong, Air China mengatakan, pihaknya mengharapkan untuk mengambil pengiriman pesawat Boeing 777-300 antara pertengahan 2013 dan pertengahan 2014.

Maskapai penerbangan mengatakan pesawat baru akan meningkatkan kapasitas armada empat persen dan meningkatkan pelayanan bagi wisatawan.

"Transaksi ini akan mengoptimalkan struktur armada perseroan dan

sesuai dengan kebutuhan pasar untuk perusahaan," Air China mengatakan dalam pernyataannya.

"Perusahaan memperkirakan pesawat Boeing akan memberikan kinerja lebih efisien dan menyediakan layanan lebih nyaman kepada penumpang."

Pada Juni, Air China mengumumkan kesepakatan untuk membeli 20 pesawat jarak pendek-menengah Boeing 737-800s, dengan daftar harga sebesar 1,4 miliar dolar, untuk memenuhi permintaan.

Boeing membuka hanggar perawatan pesawat di Bandar Udara Pudong Shanghai Oktober lalu dan pada bulan yang sama diprediksi pasar penerbangan China akan menghasilkan pesanan 3.710 pesawat komersial baru selama 20 tahun berikutnya.
(Uu.A026/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010