Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan bahwa jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 15,5 juta jiwa dan terbanyak ke Pulau Jawa.

"Jumlah pemudik yang paling banyak dari Jawa, tapi dari luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan juga cukup besar," kata Freddy di Jakarta, Rabu, seusai memantau arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni.

Turut dalam rombongan Menhub diantaranya Panglima TNI Jenderal TNI Joko Santoso, Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto serta beberapa pejabat pusat lainnya.

"Kenaikan penumpang hampir tujuh persen dari normal, pada hari biasa jumlah kapal dari Pelabuhan Merak - Bakauheni hanya tiga hingga empat kapal yang beroperasi, tapi pada arus mudik sekarang sampai lima kapal, dan kelihatannya masih kurang, maka ditambah lagi satu dermaga," kata Freddy.

Menhub mengatakan, salah satu untuk melancarkan transportasi adalah manajemennya harus ditingkatkan terutama pada jalur penyeberangan diatur lebih baik lagi.

"Sampai H-2 ini ada peningkatan baik penumpang maupun kendaraan dari Lampung, diharapkan semua pihak bisa mengatasi, di Pelabuhan Merak juga sama dan kapal yang kita siapkan 38 unit untuk angkutan penyeberangan pada arus mudik," katanya.

Freddy mengatakan bahwa kalau terjadi peningkatan lagi pada H-1 perlu diantisipasi, karena sampai H-3 jumlah yang menyeberang dari pelabuhan Merak - Bakauheni 150 ribu orang dan melakukan koordinasi dengan semua pihak diantaranya TNI/Polri.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010