Abu Dhabi (ANTARA News) - Otoritas Investasi Abu Dhabi (ADIA), "sovereign wealth fund" (SWF-pengelola dana investasi milik negara) terbesar dunia, telah mempekerjakan Ted Chu dari General Motors, sebagai kepala ekonom perusahaan.

Chu "akan bertanggung jawab untuk memproduksi analisis ekonomi mendalam internasional dan regional dan membuat rekomendasi berdasarkan penelitian ini," kata  pernyataan perusahaan investasi itu, Senin.

Chu telah bertugas di General Motors di Detroit sebagai kepala ekonom dan direktur dari analisis ekonomi dan industri global.

ADIA -didirikan pada 1976 - mengelola potongan besar kekayaan emirat Abu Dhabi, yang menduduki sekitar 95 persen dari kekayaan minyak dari Uni Emirat Arab (UEA) - total 97,8 miliar barel.

Dalam tinjauan tahunan pertamanya pada Maret, ADIA mengatakan, pihaknya menginvestasikan antara 60 persen hingga 85 persen dari kepemilikannya di Amerika Utara dan Eropa dan antara 25 persen dan 45 persen di Asia dan pasar negara berkembang.

Sovereign Wealth Fund Institute menempatkan kekayaan ADIA di 627 miliar dolar (487 miliar euro). ADIA tidak pernah mengungkapkan besaran asetnya.

Pada April, ADIA menunjuk Sheikh Zayed bin Hamed al-Nahayan untuk kepala dana menggantikan saudaranya, Sheikh Ahmed bin Zayed al-Nahayan yang telah meninggal dunia pada Maret ketika pesawat glider-nya jatuh di sebuah danau di Maroko.

Kakak mereka, Presiden Uni Emirat Arab dan penguasa Abu Dhabi, Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahayan, adalah ketua ADIA.

Sovereign wealth fund adalah investment fund milik negara yang terdiri dari aset-aset finansial seperti saham, obligasi, properti, logam mulia dan instrumen keuangan lainnya.
(A026/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010