Jakarta (ANTARA) - Pesanan kendaraan Tesla Inc di China turun hampir setengahnya pada Mei dari April, dengan latar belakang peningkatan pengawasan pemerintah terhadap pembuat mobil listrik Amerika Serikat tersebut.

Mengutip dari Reuters, Minggu, jumlah pesanan bersih bulanan perusahaan di China turun menjadi sekitar 9.800 pada Mei, dari sebelumnya yang mencapai lebih dari 18 ribu pada April. Laporan itu juga mengatakan saham turun hampir 5 persen dalam perdagangan sore.

Tesla tidak segera menanggapi permintaan dari Reuters untuk memberikan komentar.

Baca juga: Tesla punya sistem pemantauan pengemudi

China adalah pasar terbesar kedua Tesla setelah Amerika Serikat dan menyumbang sekitar 30 persen dari penjualannya. Tesla membuat sedan listrik Model 3 dan kendaraan sport Model Y di pabriknya yang terletak di Shanghai.

Tesla telah mendapat dukungan kuat dari Shanghai ketika membangun pabrik luar negeri pertamanya di sana pada 2019. Sedan Tesla Model 3 adalah kendaraan listrik terlaris di negara itu sebelum mereka disusul oleh micro EV yang jauh lebih murah yang dibuat oleh usaha patungan antara General Motors dan SAIC Motor.

Tetapi, baru-baru ini, Tesla tengah menghadapi pengawasan atas penanganan keluhan pelanggan atas masalah kualitas.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa staf di beberapa kantor pemerintah China telah diberitahu untuk tidak memarkir mobil Tesla mereka di dalam kompleks pemerintah karena masalah keamanan atas kamera yang dipasang di kendaraan.

Sebagai tanggapan, Tesla berusaha untuk meningkatkan keterlibatannya dengan regulator daratan dan meningkatkan tim hubungan pemerintahnya, seorang sumber mengatakan kepada Reuters. Ini telah mendirikan pusat data di China untuk menyimpan data secara lokal dan berencana untuk membuka platform data untuk pelanggan.

Baca juga: Cuitan Musk pukul Bitcoin, namun tetap di jalur keuntungan mingguan

Baca juga: Tesla Model Y raih kesuksesan di Korea Selatan

Baca juga: Tesla tunda pengiriman mobil terbaru Model S Plaid
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021