Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola dibawah asuhan Alfred Riedl yang diproyeksikan turun pada Piala AFF akhir tahun nanti kembali memetik kemenangan kedua pada pertandingan ujicoba resmi sebelum libur Lebaran.

Bertanding melawan Pro Titan Medan di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, Firman Utina dan kawan-kawan menang 3-0 lewat gol Arief Suyono (25`), Bambang Pamungkas (32`) dan M. Isnaini (75`). Pada pertandingan pertama melawan Persita, Kamis (2/9) timnas unggul 4-1.

Timnas yang tidak ingin dipermalukan klub dari Divisi Utama dalam pertandingan dengan sistem 4 X 30 menit itu langsung menerapkan pola menyerang. Dengan formasi 4-4-2, serangan demi serangan berjalan dengan baik.

Pada ujicoba kedua ini, komunikasi antar pemain lebih terkontrol. Hasilnya pada menit 25, Arief Suyono mampu menjebol gawang Pro Titan setelah meneruskan bola dari tangan Bambang "Bepe" Pamungkas.

Unggul 1-0 timnas yang dikapteni Bambang Pamungkas terus menekan pertahanan klub milik Sihar Sitorus itu. Namun tekanan dari anak asuh Alfred Riedl itu juga mendapatkan tantangan dari klub tanpa APBD itu.

Berawal kesalahan yang dilakukan oleh pemain Pro Titan diluar pinalti pada menit 32, Bambang Pamungkas mampu menggandakan kemenangan timnas menjadi 2-0 lewat tendangan bebas yang cukup keras. Gol ini merupakan gol pertama bagi Bepe selama kepelatihan pelatih asal Austria selama event resmi.

Hingga berakhirnya pertandingan selama 2 X 30 menit kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan timnas yang diproyeksikan untuk Piala AFF akhir tahun nanti.

Pada pertandngan 2 x 30 menit, timnas berkekuatan Kurnia Mega (k), M. Nasuha, Nova Arianto, Maman Abdurahman, Zulkifly Syukur, Arief Suyono, Firman Utina, M. Ridwan, Jaya Teguh Angga/M. Isnaini dan Bambang Pamungkas.

Pada 2 X 30 menit kedua pelatih Afred Riedl mengganti seluruh pemain dan hanya menyisakan M. Isnaini dilini depan. Formasi yang digunakan pun berubah menjadi 4-2-3-1.

Perubahan formasi dan pemain membuat serangan lebih bervariatif. Hanya saja penyelesaian yang tergesa-gesa belum bisa menambah pundi-pundi gol bagi timnas Merah Putih.

Menjadi striker tunggal tidak disia-siakan oleh pemain asal PSPS Pekanbaru itu. Hasilnya pada menit 75 mampu menjebol gawang Pro Titan setelah berhasil memenangkan duel didepan gawang lawan. Gol itu merubah kedudukan menjadi 3-0.

Memasuki 30 menit terakhir timnas diinstruksikan terus menekan, hanya saja kurangnya komunikasi antar pemain belum bisa menambah gol. Hingga peluit panjang ditiup wasit kedudukan tetap 3-0 untuk kemenangan timnas.

Pada 2x30 menit kedua itu pelatih memainkan Markus Horison (k), Benny Wahyudi, Nova Arianto/Manan Abdurahman, Yesaya Desnam, Rahmad Latief, Habel Satya, Ahmad Bustomi, Doni Siregar, Eka Ramdani, Atep dan M. Isnaini.

Pelatih timnas Alfred Riedl mengaku kedua tim yang diturunkan pada pertandingan ujicoba kualitasnya tidak jauh beda. Kedua tim cukup bagus dalam menerapkan instruksi pelatih.

"Pemain bermain cukup bagus, hanya saja lawan bermain cenderung kasar. Yang jelas pemain sudah menjalankan instruksi," katanya usai pertandingan. (*)



(T.B016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010