Bakauheni (ANTARA News) - Pemudik roda dua atau motor di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dari Pelabuhan Merak, Banten mulai meningkat dengan tujuan ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera.

Menurut keterangan salah satu anak buah kapal (ABK) KMP Victorius-5 PT Surya Timur Line, Dedi Irawan, di Bakauheni, Jumat malam, jumlah kendaraan roda dua yang menggunakan jasa penyebarangan kapal mulai meningkat.

"Jumlahnya sudah tergolong banyak dan antre memenuhi sejumlah kapal fery yang menyeberang," kata dia.

Dedi mengatakan, kendaraan bermotor ini pada setiap keberangkatan kapal sudah mencapai ratusan unit. "Kendaraan bermotor ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan esok hari dengan jumlah mencapai ribuan unit," kata dia.

Hal senada juga dikatakan oleh ABK KMP Nusa Setia PT Putra Master SP Ferry, Agus Winarno, yang mengatakan kendaraan roda dua sudah meningkat cukup banyak yang menggunakan jasa penyeberangan dan tiba di Bakauheni.

Menurutnya, jumlah kendaraan roda dua tersebut mencapai ratusan unit. "Rata-rata kendaraan roda dua tersebut dinaiki oleh dua orang," tambahnya.

Namun, kata dia, pemudik motor tersebut masih didominasi dari Pelabuhan Merak. Meski dari Pelabuhan Bakauheni memang ada, namun tidak begitu signifikan layaknya dari Merak.

Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Bahagia Dachi, mengatakan, pihaknya akan segera menyiapkan Satuan Lalu lintas untuk melakukan pengawalan menuju kota Bandarlampung jika penumpang sudah meningkat signifikan.

"Jika besok Sabtu (2/9) pemudik roda dua meningkat, maka akan segera dikawal untuk menekan tingginya angka kecelakaan terhadap pemudik roda dua," kata dia.

Namun seperti yang disampaikan sebelumnya, sebelum diberangkatkan bersama patroli pengawalan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pemudik bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan. (ANT-048/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010