Jakarta (ANTARA) - Brand mewah di bawah Toyota, Lexus, akan merilis crossover NX terbaru pada 12 Juni ini di tengah mulai bergeliatnya pasar otomotif sementara kelangkaan chip semikonduktor menghambat produksi.

Di AS, Toyota Motor Manufacturing Canada (TMMC) sudah mulai memproduksi SUV mewah kompak Lexus NX dan Lexus NX Hybrid yang diklaim terlaris di fasilitas Cambridge, Ontario mulai awal 2022.

"Berdasarkan pengumuman Toyota RAV4 kami baru-baru ini dan investasi modernisasi fasilitas kami baru-baru ini, kami sangat senang mengumumkan bahwa TMMC telah dipilih untuk memproduksi model Lexus NX dan Lexus NX Hybrid yang populer untuk seluruh pasar Amerika Utara," kata Presiden TMMC Fred Volf dalam peluncuran produksi NX, dikutip Kamis.

Pada tahun 2003, TMMC menjadi fasilitas pertama Toyota yang dipercayakan untuk memproduksi kendaraan Lexus di luar Jepang, dan sejak itu telah memproduksi lebih dari 1,3 juta kendaraan Lexus RX dan Lexus RX Hybrid.

Baca juga: Lexus LF-30 Concept, mobil listrik premium masa depan

Baca juga: Penjualan di China membaik, Toyota gandakan proyeksi keuntungan


Pada tahun 2018, TMMC mengumumkan investasi 1,4 miliar dolar Kanada (termasuk dana pendukung dari pemerintah federal dan provinsi), mengubah pabrik utara dan barat menjadi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) perusahaan untuk memungkinkan peningkatan fleksibilitas, efisiensi produksi lebih lanjut, dan produk unggulan.

Investasi strategis ini memungkinkan TMMC untuk mengalihkan produksinya untuk memenuhi permintaan pasar SUV kompak yang berkembang pesat di Amerika Utara, terutama melalui produksi Toyota RAV4 dan Toyota RAV4 Hybrid yang memimpin pasar.

TMMC telah memproduksi kendaraan di Kanada selama lebih dari 30 tahun dan saat ini mempekerjakan lebih dari 8.500 anggota tim di fasilitasnya di Cambridge dan Woodstock, Ontario.

Berkomitmen untuk memproduksi kendaraan di Kanada, Toyota telah menginvestasikan lebih dari CDN 8,5 miliar dolar dalam operasinya di Kanada sejak 1985, dan telah membangun lebih dari delapan juta kendaraan selama periode waktu tersebut.

Baca juga: Lexus klaim sudah jual 2 juta mobil listrik

Baca juga: Toyota luncurkan dua kendaraan dengan teknologi baru

Baca juga: Lexus rencanakan buat line-up mobil sport listrik di 2025
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021