Jakarta, 1/9 (ANTARA) - Komosi X DPR-RI akan memperjuangkan kenaikan anggaran Kemenbudpar tahun 2011 sebesar Rp 235 miliar. Kenaikan anggaran itu untuk program pemasaran pariwisata, pengembangan karakter bangsa, kesejarahan, kepurbakalaan dan permuseuman, serta pengembangan destinasi pariwisata.

     Dalam penyampaian padangan masing-masing anggota komisi, Komisi X DPR-RI menilai pagu sementara Kemenbudpar untuk RAPBN 2011 sebesar 2,645 triliun ada kenaikan. "Perubahan ini akan dibahas pada rapat yang akan diselenggarakan pada 20 Oktober 2010 mendatang," kata Ketua Komisi X Prof.DR.H. Mahyuddin NS,Sp.OG ketika membacakan risalah rapat dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE di Gedung DPR Jakarta, Senin (30/8).

     Menbudpar Jero Wacik pada kata pengantarnya menyampaikan empat program/kegiatan sehubungan adanya usulan tambahan anggaran 2011 sebesar Rp 235 miliar tersebut. Keempat program itu adalah program pengembangan pemasaran pariwisata yakni untuk peningkatan publikasi kepariwisataan melalui pendukungan Taman Nasional Komodo sebagai New 7 Wonders of Nature sebesar Rp 125 miliar.

     Dukungan program pembangunan karakter bangsa melalui peningkatan nilai-nilai budaya, seni, dan film Rp 50 miliar, program kesejarahan, kepurbalaan, dan permuseuman berupa pembangunan karakter bangsa melalui Gerakan Nasional Cinta Meseum Rp 15 miliar, dan pengembangan Taman Majapahit Rp 20 miliar. Untuk program pengembangan destinasi pariwisata diusulkan peningkatan PNPM Mandiri Bidang Pariwisata sebesar Rp 25 miliar. Tahun 2010 Kemenbudpar memfasilitasi pembangunan desa wisata di seluruh tanah air sebanyak 200 desa, sedangkan tahun 2011 akan ditingkatkan menjadi 674 desa wisata.

     Sementara itu Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar mengatakan, masyarakat dunia banyak yang terkesan dengan peninggalan makhluk purba yang hingga kini habitannya di Taman Nasional Komodo masih terjaga baik. Taman Nasional Komodo masuk dalam short list sebagai 28 finalis New 7 Wonders of Nature.

     Dikatakan, Indonesia saat ini tengah berusaha keras untuk memenangkan vote tersebut, karena bila Komodo masuk sebagai New 7 Wonders of Nature akan mengangkat pariwisata lainnya di sana. "Berdasarkan pengalaman, jika terpilih akan ada kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang signifikan sekitar 4% hingga 20%. Dana promosi untuk pemenangan Komodo ini merupakan investasi jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Sapta Nirwandar.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata


Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010