Jakarta (ANTARA) - Suzuki Indonesia bersama JakLingko ingin menarik kembali minat masyarakat untuk menggunakan angkutan kota (angkot) dengan menghadirkan armada dengan fasilitas AC, pintu otomatis, smart navigation, dan fitur CCTV guna menambah kenyamanan penumpang.

Angkot sebagai salah satu moda transportasi dalam kota merupakan sektor yang terpengaruh pandemi. Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatatkan, selama pandemi, jumlah penumpang harian angkutan umum di DKI Jakarta turun hingga 58,44 persen.

“Program Angkot AC ini adalah lanjutan dan merupakan upgrade dari program angkot regular JakLingko saat ini," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam siaran pers, Selasa.

Baca juga: Suzuki ajak supir angkot terlibat cegah COVID-19

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program angkot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, karena didukung teknologi yang lebih mutakhir seperti AC double-blower, GPS, LED Trayek, dan CCTV. Program ini marupakan salah satu bagian dari program integrasi transportasi di Jakarta,” terang Donny. 

Melibatkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Transjakarta, Suzuki dan JakLingko menargetkan Angkot AC mulai beroperasi pada semester kedua tahun ini. 

Saat ini, program Angkot AC sedang disiapkan untuk dapat menunjang mobilisasi masyarakat dengan maksimal. Kegiatan Show & Trial unit sudah dilaksanakan pada 14 April lalu dan dihadiri Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama dengan Bidang Angkutan Jalan, perwakilan PT Transjakarta, perwakilan Suzuki Indonesia, serta Ketua Koperasi Wahana Kalpika (KWK) dan pengurusnya sebagai organisasi yang mewadahi para pengusahan Angkot.

Namun tentunya selama pandemi masih berlangsung, operasional Angkot AC juga akan tetap menerapkan protokol kesehatan berupa pembatasan jumlah penumpang, serta melakukan desinfeksi unit yang beroperasi.

“Tentunya kami berharap kerja sama yang baik antara Suzuki dan JakLingko, serta seluruh pihak yang terlibat dapat membuahkan hasil yang baik juga. Kami menghadirkan program Angkot AC ini memang bertujuan untuk mengutamakan kenyamanan penumpang dan menarik kembali minat pengguna setelah sempat mengalami penurunan persentase pengguna karena dampak pandemi Covid-19 lalu,” tutup Donny.

Baca juga: Suzuki semprot disinfektan 1.101 angkot Jakarta

Baca juga: Angkot Jak Lingko dapat servis gratis dari Suzuki

Baca juga: New Carry Pick Up jadi ambulans hingga angkot
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021