Yogyakarta (ANTARA News) - Unit Fotografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menggelar pameran fotografi yang mengangkat tema lansia dengan tajuk `55+`, di Cafebale Art Gallery Yogyakarta, 28-31 Agustus 2010.

"Ketika seseorang telah menginjak usia 55 tahun maka ia dapat dikatakan sebagai lansia dan diwajibkan memiliki Kartu Tanda Penduduk yang berlaku seumur hidup," kata salah seorang panitia pameran tersebut Brinalloy Yuli di Yogyakarta, Sabtu.

Brinalloy mengatakan tema lansia dipilih karena memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nilai `human interest` yang sangat tinggi.

"Untuk mendapatkan foto-foto yang dipamerkan, prosesnya memakan waktu cukup lama yaitu sejak Juni 2010. Lamanya proses pengumpulan foto disebabkan pendekatan fotografer kepada objeknya memang membutuhkan waktu lama," katanya.

Menurut dia para fotografer dalam pameran ini memang memberi porsi lebih kepada kuantitas dan kualitas pendekatan kepada objek foto.

"Pendekatan ini harus diutamakan untuk mendapatkan foto yang dapat bertutur, selain itu keunikan suatu momen dapat lebih tersampaikan kepada pirsawan jika kedekatan antara fotografer dan objek terjalin terjalin dengan baik," katanya.

Ia mengatakan kedekatan yang terjalin antara fotografer dan objeknya dapat menjadikan foto serta pesannya dapat tersampaikan secara natural.

"Pameran ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Fotografi (UFO) UGM angkatan ke-17, setiap angkatan UFO diwajibkan menggelar pameran dengan tema yang berbeda antara satu angkatan dengan angkatan lainnya," katanya.(*)
(ANT-158/H008/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010