Paris (ANTARA News/AFP) - Pembalap Amerika, Ben Spies, akan menggantikan Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha pada kejuaraan MotoGP dunia musim mendatang, demikian pengumuman pabrikan Jepang itu, Jumat.

Pembalap berusia 26 tahun itu, yang menjuarai Kejuaraan Superbike Dunia bersama Yamaha di tahun 2009, tampil mengesankan di musim pertamanya di MotoGP, dengan membalap untuk tim Yamaha Tech 3.

Ia kini menjadi pembalap pendatang baru terkemuka dan menduduki posisi ketujuh di klasemen kejuaraan.

"Kami merasa senang bahwa Ben akan bergabung dengan the Factory Team untuk musim mendatang," kata Lin Jarvis, direktur pelaksana Yamaha Motor Racing.

"Ben telah memenuhi janjinya di 10 balapan pertamanya di MotoGP. Ia bejalar secara cepat dan mencatat hasil yang kuat, termasuk naik ke podium di Silverstone - hasil yang mengesankan bagi seseorang di musim penuh pertamanya."

Spies menjadi calon kuat untuk mengambil alih kursi panas tersebut sejak pengumuman bahwa juara dunia Valentino Rossi akan pergi untuk bergabung dengan Ducati.

"Kami yakin bahwa Ben akan menjadi penantang juara di masa mendatang dan ia akan baik bersama tim kami," tambah Jarvis.

"Misinya tahun depan adalah terus belajar, menjadi penantang secara konsisten untuk naik ke podium, dan berusaha menjuarai beberapa balapan."

"Saya merasa senang bahwa Yamaha mengakui potensi saya dan memberi saya kesempatan untuk meningkat ke tim pabrikan demikian cepat dalam karir GP saya."

Spies berharap dapat naik ke podium lagi pada Grand Prix Indianapolis akhir pekan ini.(*)

(Uu.S005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010