Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal Korea Selatan, Kia harus menarik kembali (recall) kepada hampir setengah juta kendaraan Kia Sorento dan Optimas di Amerika utara karena masalah kebocoran minyak rem di dalam Hydraulic Electronic Control Unit (HECU).

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang semakin meluas, perusahaan otomotif itu memberikan saran kepada para konsumen untuk menaruh kendaraan di luar rumah karena kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

Dikutip dari CarsCoops, Jumat, sampai saat ini belum dikabarkan adanya kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah ini. Dalam hal ini, lampu peringatan MIL atau ABS, serta bau yang membakar atau meleleh dan asap yang berasal dari ruang mesin itu menjadi pertanda bahwa kendaraan dalam kondisi bahaya.

Dalam kasus ini, terdapat 440.370 unit kendaraan terbagi dari 283.803 Optima dan 156.567 Sorento. Sedan ukuran menengah yang dimaksud dibuat antara 12 Juli 2013 dan 2 Oktober 2015, dan SUV mulai hidup dari 17 Juni 2013 hingga 11 Desember 2014. Semuanya dibuat di fasilitas manufaktur perusahaan di Georgia.

Untuk mengatasi masalah ini, teknisi resmi Kia akan mengganti HECU dengan yang baru secara gratis. Selain itu, sekring 30 ampere baru akan dipasang sebagai pengganti 40 ampere. Pemilik yang telah memperbaiki kendaraannya akan mendapat penggantian.


Baca juga: Korea Selatan recall 710 kendaraan karena kerusakan komponen

Baca juga: Kia "recall" 380.000 di AS yang beresiko terbakar

Baca juga: Kia "recall" 295 ribu mobil karena risiko kebakaran mesin

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021