Jakarta (ANTARA News) - Tata Teleservices Ltd (TTSL) adalah operator selular swasta India pertama yang menandatangani kesepakatan untuk menetapkan pemasok telekomunikasi 3G-nya.

"Kami ingin bergerak cepat, dimana kami yang pertama menetapkan pemasok kunci teknologi dan layanan 3G kami. Nokia Siemens Networks telah menunjukkan kemampuan dalam penggelaran 2G kami sebelumnya dan disorong permintaan besar akses Internet di India," kata Mr AG Rao, chief technology officer and president, Enterprise Business, TTSL.

Dalam pers rilisnya, TTSL telah memilih teknologi Nokia Siemens Networks untuk mendukung peluncuran 3G dengan Jaringan berbasis WCDMA 3G dan termasuk HSPA+, memungkinkan TTSL menawarkan broadband berkualitas tinggi yang menyediakan browsing cepat pada Internet dan kualitas panggilan suara lebih baik.

"Dengan keahlian 3G lokal yang kuat, kami dapat membuat jaringan yang efisien dan berkualitas tinggi yang akan memuaskan para pelanggan TTSL," kata Urs Pennanen, head of India Region, Nokia Siemens Networks.

Nokia Siemens Networks akan memasok BTS Flexi Multiradio yang ringkas, hemat energi dan siap LTE. Selain memungkinkan kapasitas jaringan yang lebih tinggi dan layanan broadband bergerak yang lebih cepat, BTS ini memungkinkan "sharing aktif" antar operator untuk meningkatkan efisiensi.

Nokia Siemens Networks dengan cepat menghadirkan 3G di India, berkat fasilitas pabrikasi 3G dalam negeri di Chennai. Fasilitas itu sudah melayani banyak operator 3G terkemuka di dunia dari Global Network Solutions Centers yang berlokasi di Noida dan Chennai, dan pusat-pusat ini akan dapat mendukung TTSL dari awal.

Tata Teleservices Limited merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi swasta di India, memiliki kehadiran pan-India di 22 kalangan telekomunikasi  di India. Perusahaan ini menawarkan solusi telekomunikasi terintegrasi kepada pelanggannya di bawah merek Tata Indicom, Tata DOCOMO, Tata Photon dan Tata Walky dan menggunakan platform teknologi CDMA dan GSM untuk jaringan nirkabelnya.

Nokia Siemens Networks adalah penggerak layanan telekomunikasi global terkemuka. Perusahaan itu menyediakan portofolio teknologi jaringan bergerak, tetap dan konvergen serta layanan-layanan profesional termasuk konsultansi dan integrasi sistem, pemasangan dan pemeliharaan serta layanan terkelola.

Nokia Siemens Network adalah salah satu perusahaan perangkat keras, lunak dan layanan profesional telekomunikasi terbesar di dunia. Beroperasi di 150 negara. Perusahaan ini berkantor pusat di Espoo, Finlandia.
 

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010