Sumbawa (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini menyatakan pemerintah berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan kemakmuran rakyat dengan program pembangunan yang berdimensi keadilan dan pemerataan.

"Pemerintah terus melakukan upaya-upaya penting untuk mewujudkan kemakmuran rakyat," kata Helmy saat meresmikan program Percepatan Pembangunan Pusat Pertumbuhan Daerah Tertinggal (P4DT) 2010 di kawasan peternakan terpadu Lar (kawasan padang pengembalaan) Limung, Kecamatan Moyo Utara, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Dikatakannya, program P4DT merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat daerah tertinggal dengan mendorong terbangunnya pusat-pusat pertumbuhan yang disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah.

Untuk Kabupaten Sumbawa dan kabupaten tertinggal lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), P4DT diarahkan pada usaha peternakan sapi.

Dalam program tersebut pemerintah memberikan bantuan sapi kepada kelompok masyarakat untuk dikelola bersama.

"Program ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang tergabung di dalam kelompok peternak," kata Helmy.

Sebelumnya, saat berada di Kabupaten Dompu, Helmy beserta rombongan peserta safari Ramadhan dan kunjungan kerja Menteri PDT, juga sempat mengunjungi kelompok peternak sapi bantuan KPDT di Desa Sori Utu, Kecamatan Mangalewa.

Pada kesempatan itu,

Bendahara Kelompok Tani Maba Lidi, Muhasnan, melaporkan, bantuan 75 sapi yang diterima kelompoknya dua tahun lalu kini telah berkembang.

"Dari sapi bantuan itu sudah bertambah menjadi 48 ekor, dan sekarang sedang bunting sepuluh ekor," papar Muhsanan.

Dalam perjalanan dari Dompu menuju Sumbawa, Menteri PDT juga sempat meninjau bantuan pembangunan 33 rumah pascabencana di Desa Sorisakolo.(*)
(S024/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010