Jakarta (ANTARA) - Perusahaan multi finance yang juga melayani pembiayaan sepeda motor Honda, PT Federal International Finance (FIFGroup), berkolaborasi dengan Grup Astra tahun ini menyalurkan dana bergulir tanpa bunga untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) senilai total Rp1,4 miliar.

Pembiayaan tanpa bunga Rp1,4 miliar itu disalurkan kepada 524 UMKM di seluruh Indonesia. Sementara pada 2016 hingga 2020, FIFGroup telah menyalurkan dana serupa untuk 279 UMKM dengan nilai seluruhnya Rp846,5 juta.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGroup, Yulian Warman, mengatakan dalam menjalankan program CSR, FIFGroup memiliki 4 pilar, di mana salah satu pilarnya merupakan Pilar Pemberdayaan Masyarakat. Pada 2021 ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir.

"Tahun ini, kami memfokuskan program CSR pada Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGROUP. Dengan network kami yang tersebar di seluruh titik di Indonesia, kami menargetkan agar program ini bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang di seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya pelaku UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional,” kata Yulian dalam webinar, Rabu.

Baca juga: FIFGROUP terpilih sebagai perusahaan terbaik dalam Astra Awards 2021

Selain memberikan pembiayaan tanpa bunga, melalui program ini, FIFGroup juga berinisiatif untuk mengembangkan UMKM binaannya dengan cara menginisiasi memberikan beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.

Pada Selasa (25/5), FIFGroup kembali memberikan dukungannya untuk pelaku UMKM dalam melakukan pembinaan dan pengembangan melalui program pelatihan dengan konsep webinar berjudul “Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM”.

Program pelatihan yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021 ini menjadi salah satu rangkaian khusus yang dilakukan oleh FIFGroup berkolaborasi dengan salah satu lembaga Astra lainnya, yakni Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui dukungan pembinaan UMKM di Indonesia.

Pelatihan ini dihadiri oleh lebih dari 400 UMKM yang merupakan hasil binaan program kolaborasi Grup Astra, yaitu FIFGROUP, Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, YDBA, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR), dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).

Program pelatihan ini menghadirkan salah satu praktisi dan pakar dalam bidang manajemen keuangan yang juga merupakan salah seorang insan Astra, yaitu Lukas Iwan Setiadi yang merupakan purnabakti Finance Director Group United Tractors.

Selain itu, acara tersebut juga dibuka dengan opening speech yang dibawakan oleh Human Capital (HC), General Support (GS), dan Corporate Communication Director FIFGroup, Esther Sri Harhajati. Hadir pula Sigit Prabowo Kumala, Ketua Pengurus YDBA dan jajaran manajemen baik dari FIFGroup maupun YDBA serta seluruh leader cabang FIFGroup dari Sabang hingga Merauke.

Esther Sri Harjati menyampaikan bahwa adanya pandemi COVID-19 saat ini menjadi pukulan keras bagi seluruh pengusaha terutama bagi pelaku UMKM. Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi perekonomian saat ini, kita perlu tetap memberikan dukungan kita bagi pelaku UMKM agar dapat lebih tangguh dalam bertahan dari terpaan krisis yang terjadi saat ini.

Baca juga: Dengan Rp1,5 juta bisa bawa Honda Beat di FIFGroup Fest

Baca juga: FIFGroup Fest hadir di Yogyakarta saat Ramadhan

Baca juga: FIFGROUP dan Astra luncurkan dana bergulir tanpa bunga bagi 588 UMKM

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021