Jayapura (ANTARA News) - Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, siap mewisuda 1.788 mahasiswanya yang tersebar di 12 fakultas dan program studi yang dimilikinya, Rabu.

Acara wisuda yang berlangsung di Auditorium Universitas Cenderawasih itu dijadwalkan dipimpin rektornya, Prof Dr Berth Kambuaya MBA.

Kepala biro administrasi dan kemahasiswaan pada Uncen Jayapura, Drs Veince Halatu, Selasa, mengatakan, sesuai kalender akademik tahun 2010-2011, maka Uncen akan mewisuda 1788 mahasiswanya, yang akan mengambil tempat di auditorium milik kampus.

"Para mahasiswa yang akan diwisuda adalah mulai dari program diploma sampai pasca sarjana strata dua (S2)," katanya.

Ia menjelaskan, dari 1788 mahasiswa yang diwisuda itu tersebar di seluruh fakultas dan kelas jarak jauh yang merupakan kerja sama Uncen dengan pemerintah daerah setempat di provinsi Papua.

Veince Halatu mengemukakan pula, dari total 1788 orang mahasiswa yang akan diwisuda itu, tiga orang diantaranya berasal dari program pasca-sarjana pendidikan Bahasa Indonesia, yang merupakan angkatan pertama.

Sementara dari fakultas dan program studi lainnya masing-masing, 48 orang dari Magister Manajemen, 23 orang dari program magister ekonomi pembangunan, 404 orang dari Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), 142 orang dari Fakultas Hukum, 425 orangf dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 276 orang dari fakultas ekonomi, 71 orang dari Fakultas Teknik, 53 orang dari fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 223 orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Sedangkan dari Fakultas Kedokteran dan Program pendidikan Ners, masing-masing 67 dan 53 orang mahasiswa yang akan diwisuda.

"Dan dari total keseluruhan mahasiswa yang akan kami wisudakan itu, 115 orang diantaranya lulus dengan predikat `cum laude`," jelas Veince Halatu.

Sebelumnya Selasa (24/8) kemarin, ribuan mahasiswa Uncen yang akan diwisuda itu, telah melakukan persiapan gladi bersih di gedung auditorium kampus.

Dijadwalkan acara wisuda mahasiswa Uncen itu, akan dihadiri Gubernur Papua, Barnabas Suebu, unsure Muspida provinsi dan kabupaten/kota, serta para undangan lainnya.
(KR-MBK/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010