Kolaka, Sultra (ANTARA News) - Polres Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menggelar "operasi cipta kondisi" berhasil mengamankan beberapa dos petasan berbagai merek.

Wakapolres Kolaka, Kompol Eko Wahyudi di Kolaka, Sabtu mengatakan, razia dan pengamanan dos petasan yang dilakukan di sejumlah pusat perbelajaan itu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam suasana Ramadhan 1431 Hijriah.

Menurut Wahyudi, operasi cipta kondisi yang dilaksanakan oleh jajaran Polres setempat merupakan kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan pengamanannya dalam suasana bulan puasa ini.

"Dalam operasi ini selain pengamanan petasan, baik di pasar tradisional maupun di toko-toko, pihak kepolisian juga telah menangkap dua orang residivis yang melakukan pencurian beberapa waktu lalu." katanya.

Ia juga mengatakan, dalam operasi ini jajaran Polres Kolaka meningkatkan pengamanan melalui patroli hingga ke pelosok desa, sesuai instruksi Kapolda Sultra, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama pada wilayah yang sering rawan terjadi perampokan.

"Himbauan Kapolda Sultra meminta agar semua jajaran kepolisian hingga ke tingkat polsek untuk meningkatkan pengamanan, terutama menjelang lebaran ini." katanya.

Wayhudi menambahkan, selain mengamankan petasan, pihak kepolisian di beberapa polsek juga telah mengamankan beberapa jenis makanan dan minuman yang kadaluarsa

"Polres Kolaka bekerja sama dengan instansi terkait telah merazia beberapa pusat pebelanjaan yang ada di perkotaan hingga perdesaan, sehingga ditemukan dan diamankan beberap jenis makanan dan minuman kadaluarsa," ujarnya. (ANT-256/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010