Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil mewah Cadillac mengumumkan bahwa SUV listrik Cadillac Lyriq 2023 sudah bisa dipesan mulai September tahun ini, setelah pengujian di jalan raya dipercepat dari jadwal sebelumnya.

SUV mewah listrik pertama Cadillac itu menandai era baru brand ini, sebelum meluncurkan serangkaian kendaraan listrik baru di masa mendatang. Cadillac Lyriq listrik akan tersedia bagi konsumen mulai paruh pertama 2022.

"Sepanjang dekade mendatang, Cadillac akan menentukan masa depan transportasi mewah melalui serangkaian kendaraan listrik baru yang menarik, dan semuanya dimulai dengan Lyriq," kata Rory Harvey, wakil presiden, Global Cadillac, dikutip Senin.

Cadillac akan mengkombinasikan kekuatan desain, teknologi, dan platform Ultium dari GM pada kendaraan listrik barunya nanti. Sementara fase produksi SUV listrik Cadillac Lyriq 2023 sudah dimulai April lalu.

Baca juga: Cadillac tambah varian CT4, pesaing Audi A3 dan Mercy A-Class

Baca juga: Tesla sebut fitur "Full Self-Driving" akan berupa "subscription"


Saat peluncuran, Lyriq akan tersedia dengan teknologi utama dan kemampuan kinerja yang luar biasa yang dimungkinkan oleh arsitektur listrik khusus kendaraan. Paket baterai 12-modul, 100 kilowatt-jam dan Platform Ultium penggerak roda belakang menghasilkan 340 tenaga kuda dan torsi 440 Nm.

Dengan teknologi pengisian daya DC berkecepatan tinggi, Cadillac Lyriq mampu menjangkau 300 mil atau sekira 482,8 km untuk satu kali pengisian daya penuh. 

"Sungguh menarik melihat tujuan kami terwujud di jalan--dan itu berarti kami berada di jalur yang tepat untuk menghadirkan kendaraan mewah elektrik perintis ini kepada pelanggan sembilan bulan lebih awal dari yang direncanakan," kata Jamie Brewer, kepala teknisi Lyriq 

Dengan variabel baru Cadillac Regen on Demand, pengemudi dapat mengontrol seberapa cepat Lyriq melambat atau berhenti sepenuhnya dengan menggunakan perangkat sensitif tekanan yang terletak di roda kemudi. 

Kedua teknologi tersebut memanfaatkan pengereman regeneratif untuk membantu memaksimalkan efisiensi penggerak elektrik. Kemudian, tersedia Super Cruise, teknologi bantuan pengemudi hands-free pertama di industri. 

Layar LED canggih diagonal 33 inci yang menakjubkan dengan kemampuan memancarkan lebih dari 1 miliar warna, Sistem Pembatalan Kebisingan Aktif generasi terbaru Cadillac, lampu depan LED garis tipis dengan urutan pencahayaan koreografer.

Sistem audio AKG Studio 19-speaker dengan speaker sandaran kepala, akses Key Digital, kabel pengisi daya tingkat ganda, velg standar 20 inci split enam palang atau velg Reverse Rim 22 inci dynamic split-spoke sebagai pilihan.

Pelanggan dapat memilih dari warna eksterior Satin Steel Metallic atau Stellar Black Metallic, dan Sky Cool Grey atau Noir untuk interior.

Cadillac Lyriq 2023 diharapkan mulai tersedia pada kuartal pertama 2022, dengan harga mulai dari 59.990 dolar atau Rp860,8 juta. Ini akan diproduksi di fasilitas perakitan GM Spring Hill, Tennessee, yang menerima investasi 2 miliar dolar untuk mendukung produksi kendaraan listrik.

Baca juga: Cadillac tetap produksi Escalade bermesin konvensional

Baca juga: Cadillac akan luncurkan lebih banyak model Blackwing

Baca juga: Cadillac XT5 dan XT6 lebih irit berkat mesin "mild hybrid"

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021