Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) mengurangi jumlah peserta mudik bersama dan menyelenggarakan balik bareng guna menekan angka kecelakaan pengendara sepeda motor pada masa mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

"Penambahan jumlah truk dan bus serta menyelenggarakan mudik bareng untuk arus balik, kami harapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik, serta menekan angka kecelakaann" ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor di Jakarta, Jumat malam.

Ia menjelaskan kendati jumlah peserta mudik dibatasi hanya 2.500 unit sepeda motor atau lebih sedikit dibanding tahun lalu yang mencapai 3.350 unit sepeda motor, pihaknya menambah fasilitas yaitu menambah jumlah truk pengangkut, dari tujuh menjadi 10 truk, ditambah 21 bus penumpang.

"Penambahan jumlah truk dan bus dalam penyelenggaraan mudik bersama kali ini, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial AHM untuk ikut dalam upaya menekan angka kecelakaan," katanya.

AHM akan menggelar mudik bersama dari empat titik pada 7 September yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, Surabaya-Yogyakarta, dan Semarang-Yogyakarta.

Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) Istiyani Susriyati memaparkan, perusahaan menambahkan pihaknya akan memberangkatkan tujuh truk yang diperkirakan akan mengangkut sekitar 350 unit sepeda motor. Pemilik sepeda motor akan mudik dengan menggunakan 14 unit bus yang disediakan perusahaan.

Selain itu, AHM pun akan menyiapkan tiga unit truk untuk mengangkut barang pemudik yang membawa barang berlebihan.

Namun yang pasti, tegas Isti, seperti kegiatan serupa di tahun sebelumnya, para peserta mudik akan mendapat edukasi mengenai "safety riding."

Untuk itu AHM bekerja sama dengan Ditlantas Polri dan Polda setempat. Edukasi cara berkendara yang aman akan dilakukan pada 4 September di Jakarta dan Surabaya, serta pada 7 September di Semarang, Jawa Tengah.

Selain itu, dalam program mudik 2010 ini, AHM juga akan mengadakan Balik Bareng Honda untuk arus balik dengan rute Semarang-Jakarta pada tanggal 18 September.

Untuk kegiatan ini, AHM menyiapkan satu truk dan dua bus untuk mengangkut pemudik dan sepeda motornya kembali ke ibu kota, "Berdasarkan data, tingkat kecelakaan pengguna sepeda motor lebih banyak terjadi saat arus balik. Karena itu kami memutuskan mengadakan mudik bareng untuk arus balik demi keamanan konsumen," katanya.

AHM juga menyediakan 42 titik posko mudik yang terdiri dari empat posko eksklusif di Nagrek, Pamanukan, Tegal, dan Caruban yang buka nonstop selama 24 jam penuh. Lalu 14 posko Image yang juga beroperasi 24 jam, serta layanan AHASS Siaga yang buka selama 16 jam.

Di setiap posko, AHM menyediakan beragam layanan bagi pemudik pengendara sepeda motor. Di antaranya layanan itu adalah, takjil gratis, alat pijak refleksi, souvenir, dan pengecekan tensi darah.

Sementara khusus untuk sepeda motor yang digunakan mudik, perusahaan menyediakan pemeriksaan dan tune up sepeda motor Honda gratis untuk pemudik, konsultasi teknis dengan mekanik Honda, dan diskon suku cadang hingga 20 persen .

"Kami menyebut posko khusus itu dengan Bale Santai Honda yang akan beroperasi mulai 7-13 September. Beberapa posko, sudah disediakan tempat istirahat ber-AC 24 jam khusus. Bahkan, untuk empat posko eksklusif, kami menyediakan fasilitas free Wi Fi bagi pemudik," kata Isti.  (ANT203*R016/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010