Jakarta (ANTARA) - Pembuat mobil BMW bersama perusahaan e-commerce China, Alibaba, mendirikan basis inovasi bersama untuk memberdayakan startup teknologi China guna meningkatkan inovasi mereka.

Beroperasi di Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Jinqiao Shanghai, proyek ini akan memanfaatkan kekuatan dan sumber daya BMW dan Alibaba untuk memberdayakan startup teknologi China.

Fokus dari para startup di Joint Innovation Base adalah pada produk, solusi, dan layanan inovatif yang menjembatani antara internet, internet of things (IoT), dan industri otomotif, kata BMW dalam pernyataan resmi, dikutip Minggu.

Jochen Goller, Presiden dan CEO BMW Group Region China, mengatakan: “China menyediakan lapangan bermain yang terus berkembang bagi perusahaan start-up terutama dalam sains dan teknologi. Dalam konteks ini, BMW Group juga meningkatkan jejak digitalnya di China serta mempercepat transformasi kami menuju elektrifikasi."

Baca juga: Spesifikasi & harga tiga varian New MINI Countryman yang hadir di IIMS

Baca juga: Selama IIMS Hybrid 2021, BMW X1 paling banyak diburu


Dalam tiga tahun, Joint Innovation Base akan menyediakan tidak kurang dari 300 perusahaan infrastruktur komputasi awan canggih dari Alibaba, akses ke pakar BMW dan unit bisnis BMW melalui BMW Startup Garage.

BMW Startup Garage bertujuan untuk mencari startup berpotensi tinggi untuk menyesuaikan solusi inovatif mereka dengan kebutuhan BMW Group. Ini diposisikan sebagai pintu gerbang bagi para pemula ke industri otomotif yang menghubungkan BMW Group dengan teknologi luar-dalam yang mutakhir.

Lebih dari 20 startup yang mencakup bidang inovasi strategis seperti digitalisasi, elektrifikasi, dan keberlanjutan telah mendirikan kantor mereka di inkubator bersama ini.

Inovasi kendaraan di China terutama berkisar pada digitalisasi, konektivitas pintar, kecerdasan buatan, dan mengemudi otomatis. "Inovasi digital terjadi dengan kecepatan yang mencengangkan di China. Basis Inovasi Bersama kami yang baru akan bertindak sebagai akselerator untuk lebih memperkuat keterlibatan kami dengan perusahaan rintisan terkemuka China," kata Peter Lehnert, Wakil Presiden Mobil Digital Teknologi Baru, Riset dan Inovasi BMW.

Jaringan kepanduan teknologi BMW Group memiliki jangkauan global. BMW Startup Garage menjalankan tim kecil dan gesit yang ditempatkan di hotspot teknologi internasional. Ia sekarang memiliki perwakilan yang bekerja di Kantor Teknologi Grup BMW di Munich, Silicon Valley (Mountain View), Shanghai, Seoul, Tokyo, Singapura dan Tel Aviv.

Bekerja sama dengan departemen pengembangan pusat di Munich, setiap lokasi individu berperan penting dalam mengamankan akses awal ke tren dan teknologi untuk dapat membentuk mobilitas masa depan dan memberikan penawaran terbaik kepada pelanggan.

Selain mempromosikan inovasi terbuka di China, BMW juga menggandeng Alibaba untuk mempercepat transformasi digital. Pada Oktober 2020, keduanya menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk melakukan kerja sama komprehensif dalam branding, pemasaran, saluran, operasi ujung ke ujung, layanan, teknologi informasi, yang bertujuan untuk menerapkan strategi digitalisasi ke dalam bisnis penuh BMW China.

Baca juga: BMW iX Dan i4 Gran Coupe akan tampil di LA 1 Juni mendatang

Baca juga: SUV hidrogen BMW akan tersedia 2022

Baca juga: Ford dan BMW kucurkan Rp1,8 triliun untuk baterai EV
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021