Jakarta (ANTARA News) - Penjualan Auto 2000, dealer utama Toyota, selama Januari-Juli 2010 melonjak 68 persen menjadi 130.713 unit menyusul pesatnya pertumbuhan pasar mobil domestik.

Marketing Division Head Auto 2000 Agus Prajitno W. di Jakarta, Selasa mengatakan, pada bulan lalu, Auto 2000 sukses mencetak penjualan bulanan tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sebesar 21.836 unit.

Ia optimistis penjualan akan terus meningkat memasuki Agustus karena permintaan yang biasanya meningkat 10-15 persen menjelang Lebaran.

Indikasi ini terlihat dari order Avanza yang kini sudah mencapai 13 ribu unit per bulan.

"Tapi peningkatan ini tidak diimbangi oleh pasokan mobil dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Pada Agustus kami hanya mendapat jatah 18 ribu unit dari rata-rata kebutuhan 20 ribu unit," ujarnya.

Toyota Astra Motor adalah agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di pasar Indonesia. Selain ditangani Auto 2000, penjualan Toyota juga melalui Astrido dan beberapa dealer lainnya. Namun, Auto 2000 menyerap sekitar 80 persen penjualan Toyota.

Ketatnya pasokan mobil, kata Agus, membuat inden model favorit, seperti Avanza, membengkak menjadi dua bulan dari sebelumnya satu bulan. Walau begitu, ungkap dia, pembeli masih bersedia menunggu.

"Kepuasan dan kepercayan pembeli pada kekuatan merek Toyota sudah baik," ungkap Agus.

Agus menambahkan, pihak TAM sudah memberi sinyal mengurangi pasokan hingga Desember. Alasannya, produksi di pabrik tidak dapat digenjot pada semester II-2010 akibat banyaknya hari libur. Contohnya, kata dia, pada September akan ada cuti bersama Lebaran.

Agus menuturkan tersendatnya pasokan dapat memangkas pangsa pasar Toyota di pasar mobil domestik. Pada Juli, kata dia, pangsa pasar Toyota turun menjadi 38-39 persen dari sebelumnya 40 persen per Juni 2010.

"Tapi yang harus digaris bawahi, pasar sangat menerima produk Toyota, terbukti dengan tingginya permintaan mobil Toyota setiap bulan. Bahkan, kami menambah enam dealer pada tahun ini," katanya.

Toyota adalah pemimpin pasar mobil dalam negeri sejak sepuluh tahun terakhir, sedangkan Toyota Avanza merupakan model terlaris dalam tiga tahun belakangan ini.

Sebelumnya, Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan menerangkan bahwa penjualan mobil pada Agustus 2010 bakal anjlok 23 persen menjadi sekitar 50-55 ribu unit akibat bulan puasa.

Penjualan Toyota ditaksir melorot menjadi 22 ribu unit dari sebelumnya 27 ribu unit pada Juli. "Karyawan tidak bisa kami paksa lembur kalau sedang puasa," kata dia.(*)

(ANT-132*R016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010