Jakarta (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah menyelenggarakan sidang bersama dengan agenda Pidato Kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut HUT ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut keterangan dari Setjen DPD RI, acara yang pertama kali dalam sistem keparlemenan Indonesia itu digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin pagi (16/8).

Sidang bersama bergantian diselenggarakan DPR atau DPD atau bergiliran setiap satu tahun sekali. Untuk sidang bersama yang pertama kali ini, Ketua DPR Marzuki Alie bertindak selaku ketua sidang, sedangkan tahun depan dipimpin Ketua DPD Irman Gusman.

Acara dijadwalkan sejak pukul 10.00 WIB hingga siang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan datang dengan didampingi istri, Ani Susilo Bambang Yudhoyono, demikian juga Wakil Presiden Boediono akan bersama istrinya, Herawati Boedino.

Pukul 09.45 WIB di depan pintu utama Gedung Nusantara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri tiba di halaman yang disambut Ketua DPR Marzuki Alie beserta istri, Asmawati.

Bersama Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman beserta istri, Liestyana Rizal juga menyambut Presiden.

Lima menit sebelumnya, Wakil Presiden Boediono beserta istri tiba di halaman yang disambut Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dan Wakil Ketua DPD Laode Ida.

Pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Paripurna, Presiden, Wakil Presiden, pimpinan DPR dan pimpinan DPD berdiri di tempat yang ditentukan untuk mendengarkan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan Orkestra Gita Bahana Nusantara diikuti hadirin-hadirat.

Dilanjutkan "Mengheningkan Cipta" yang dipimpin ketua sidang, Ketua DPR Marzuki Alie.

Dalam sidang bersama ini, meja pimpinan di mimbar Ruang Rapat Paripurna di bawah Burung Garuda ditempati pimpinan DPR dan DPD.


Dengan demikian, anggota DPD menempati blok kursi-kursi di tengah Ruang Rapat Paripurna.

Dengan prosesi dan posisi yang sama, untuk pertama kali pula dalam sistem keparlemenan Indonesia dilakukan Rapat Paripurna DPR dengan acara Pidato Presiden dalam rangka penyampaian Nota Keuangan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2011 yang dihadiri DPD.

Acara kedua itu dijadwalkan sejak pukul 14.30 WIB hingga sore dihadiri Presiden dan Wakil Presiden beserta istri.

Pada Senin sore, pukul 16.30 WIB, DPD menyelenggarakan Sidang Paripurna DPD di Gedung Nusantara V yang mengagendakan pembukaan tahun sidang 2010-2011 dengan acara pidato Ketua DPD tentang pembukaan tahun sidang yang disertai respons pimpinan DPD terhadap pidato-pidato Presiden hari itu.

Sidang Paripurna DPD juga mengagendakan laporan hasil kerja daerah untuk agenda DPD tahun sidang 2010-2011.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010