Tasikmalaya (ANTARA News) - Sedikitnya 17.112 botol oli diduga palsu yang dikemas dalam berbagai merek terkenal diamankan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu.

Puluhan ribu botol oli diduga palsu itu disita dari sebuah bengkel penjual oli "Fadilah Motor" di Jalan Letnan Masudi, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

Kasat Reskrim Polresta Tasikmalaya, AKP Anton Firmanto, kepada wartawan Minggu sore menjelaskan bahwa oli dalam 16 jenis botol oli merek terkenal itu sudah dikemas dalam 713 dus siap edar.

"Kami berhasil mengamankan oli itu dari salah satu bengkel sekaligus penjual oli," katanya.

Botol oli yang sudah disita petugas itu, kata Anton, selanjutnya akan diperiksa secara intensif dengan melakukan pengujian laboratorium untuk membuktikan keasliannya.

Selama ini polisi, kata Kasat baru menduga oli yang sudah dikemas itu palsu dari kemasan yang tidak umum seperti biasanya serta hasil dari pengembangan penggerebegan gudang distributor oli palsu sebelumnya.

Bengkel motor yang digerebeg melibatkan puluhan anggota polisi dibantu masyarakat setempat, kata Kasat sementara toko tersebut disita dan diberikan garis polisi untuk pemeriksaan selanjutnya.

Sebelumnya petugas setelah melakukan pengerebekan Sabtu (14/8) tengah malam, pada Minggu siang langsung mengangkut botol oli palsu itu dengan mobil Dalmas.

Bengkel motor berukuran 11x14 berlantai dua itu berada di Kampung Siluman RT 04/02 Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum, kata Kasat sebelumnya sudah dilakukan pengintaian oleh petugas.

"Dari penggerebegan itu merupakan pengembangan kami yang sebelumnya sudah mengamankan sebuah gudang oli di Cipedes," katanya.

(KR-FPM/Y008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010