Panama City Beach, Florida (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama berenang di lepas pantai Florida, Sabtu, dan mengumumkan daerah pantai Teluk Mexico "terbuka buat usaha".

Presiden AS itu berusaha memperlihatkan bahwa wilayah yang baru saja dicemari minyak yang bocor dari pengeboran BP tersebut adalah aman buat dinikmati wisatawan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Obama, yang melakukan kunjungan ke lima ke wilayah itu sejak sumur laut-dalam BP di Teluk Mexico pecah pada April, dan berjanji akan memulihkan ekonomi serta lingkungan hidup akibat kebocoran minyak lepas-pantai terburuk di dunia tersebut.

"Minyak sudah lagi mengalir ke dalam perairan Teluk, dan minyak itu sudah tak mengalir selama satu bulan. Tetapi saya berada di sini untuk memberi tahu anda bahwa pekerjaan anda belum selesai, dan kami takkan pergi ke mana-mana sampai itu diselesaikan," kata Obama kepada wartawan, setelah menyelenggarakan pembicaraan dengan pemilik kegiatan usaha setempat.

"Itu adalah komitmen yang akan dipertahankan oleh pemerintah saya," katanya.

Tak ada minyak yang bocor ke dalam perairan Teluk Mexico sejak 15 Juli, ketika BP memasang penutup di permukaan sumur yang pecah, yang telah menyemburkan sebanyak 4,9 juta barel minyak sejak 20 April.

Perusahaan Inggris tersebut pekan lalu menyuntikkan semen ke dalam bagian atas sumur itu untuk menutupnya.

Namun para pejabat mengatakan mereka takkan mengumumkan keberhasilan sampai pengeboran sumur penyalur diselesaikan pada kedalaman empat kilometer di bawah dasar laut yang saat ini masih jauh dari sasaran. Coran akan dipompa lagi melalui sumur itu.

Presiden AS tersebut bersama keluarganya melakukan perjalanan akhir pekan ke Panama City sebagai bagian dari upaya untuk mendorong lebih banyak wisatawan mengunjungi pantai pasir putih yang terkenal di Florida, yang hanya mengalami kerusakan kecil akibat kebocoran minyak itu.

Kebanyakan kerusakan berbentuk bola tar yang tercecer dan jalur kecil minyak.

"Saya juga ingin menunjukkan bahwa sebanyak hasil dari upaya pembersihan, semua pantai di sepanjang Gulf Coast sudah berseih dan aman dan terbuka buat kegiatan usaha," katanya. "Itulah salah satu alasan mengapa Michelle, Sasha, dan saya berada di sini," katanya. Ia merujuk kepada putri paling kecil dan istrinya.

Gedung Putih belakangan menyiarkan gambar mengenai Obama sedang berendam di perairan Teluk, dan bermain dengan putrinya, Sasha (9 tahun).
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010