Jakarta (ANTARA News) - Pameran fotografi yang menampilkan karya foto hasil tim ekspedisi garis depan Nusantara yang bereksplorasi ke-92 pulau terluar di Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Kuntoro Mangkusubroto selaku Ketua Dewan Pembina Ekspedisi di GFJA Jakarta, Jumat malam.

Dalam sambutan, Kuntoro yang juga Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mengharapkan agar pameran foto dalam memperingati HUT ke-65 Kemederdakaan Indonesia, mampu menyebarkan inspirasi bagi anak-anak Indonesia.

Pameran tersebut diadakan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) bekerja sama dengan Wanadri dan Rumah Nusantara dan bertajuk "Anak-Anak Kita Di Beranda Terdepan Nusantara" dalam rangka memperingati 65 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan ekspedisi garis depan nusantara dilakukan selama kurun waktu tiga tahun yang dimulai sejak tanggal 8 Mei 2008 hingga 15 Juli 2010.

Ekspedisi yang membawa replika patung Proklamator Bangsa Indonesia Soekarno dan Hatta yang berwarna merah dan putih ini, berhasil mengabadikan potret anak-anak Indonesia dalam keberagaman dan keindahan alam Indonesia.

Dalam ruangan pameran, terdapat pajangan unik hasil eksplorasi tim ekspedisi garis depan nusantara ke pulau-pulau terluar Indonesia berupa contoh pasir pantai yang dikemas dalam botol kecil diatas lembaran kertas yang memuat peta dari masing-masing pulau yang berjumlah 15 pulau dari total 92 pulau, diantaranya adalah pulau Mangkai Panambulai, Alor, Makalehi, dan Selaru.

Pada setiap pulau tersebut tim ekspedisi yang terdiri dari 11 orang ini, menancapkan sebuah prasasti besi berbentuk tiang setinggi 1 meter di tiap pulau yang disinggahi bertuliskan nama pulau dan titik kordinatnya, selain itu ada pula pesan yang dituliskan tim dalam botol yang dimasukkan ke dalam prasati tersebut.

Pesan tersebut berbunyi "kelak setiap warga bangsa yang bermukim terpisah di ribuan pulau dengan mudah dapat saling mengunjungiketika laut diantara pulau-pulau (nusa-antara) telah menjadi penghubung bukan pemisah untuk mempersatukan NKRI."

Selain dihadiri banyak pengunjung pecinta fotografi yang berjiwa muda, acara pembukaan pameran foto ini juga dihadiri oleh para anggota dan penasehat Wanadri yaitu Sarwono Kusumaatmaja dan Fadel Muhammad, aktor kawakan Slamet Rahardjo.
dan Dirut Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf,

Selain menampilkan karya foto acara pembukaan pameran juga dimeriahkan dengan kehadiran panggung musik.

Pameran foto ini digelar selama satu bulan mulai tanggal 13 Agustus hingga 13 September 2010 bertempat di gedung Galeri Foto Jurnalistik Antara kawasan pasar baru Jakarta.(*)
(yud/R009/brt)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010