Jakarta (ANTARA News) - Honda mendapat pengakuan sebagai merek terbaik di Indonesia dengan meraih penghargaan kategori sedan terbaik di ajang Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2010, Jakarta.

"Untuk kedua kalinya Honda mendapatkan penghargaan Best Brand Award untuk kategori Best Sedan, ini merupakan pembuktian bahwa sedan merek Honda yang dipasarkan tersebut merupakan pilihan yang sangat berkualitas," kata Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Dalam ajang IBBA 2010 yang diselenggarakan pada 29 Juli lalu, secara keseluruhan merek sedan Honda berhasil mengumpulkan poin tertinggi berdasarkan pilihan konsumen dalam survei yang mengukur nilai kualitas suatu merek.

Terdapat sebanyak 6 variabel yang diukur untuk menentukan nilai suatu merek yaitu Brand Awareness (popularitas merek), ad awareness (popularitas iklan), brand value, satisfaction & loyal index, pangsa pasar dan gain index.

Dengan pendekatan yang multivariabel tersebut akan ditemukan standar kekuatan merek yang universal, baku dan bisa mencerminkan kinerja merek yang sesungguhnya serta dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.

Survei yang dilakukan oleh majalah SWA bekerjasama dengan Lembaga Marketing & Specialist Research (MARS) tersebut dilakukan terhadap 2.693 responden di 7 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin yang telah berlangsung pada bulan Maret-Mei 2010.

IBBA 2010 merupakan ajang penghargaan di bidang Marketing dan Brand yang telah diadakan sejak tahun 2002 selama 9 kali berturut-turut di Indonesia. Selain untuk kategori otomotif, penghargaan ini juga melibatkan berbagai kategori lain, seperti industri telekomunikasi, media, makanan dan minuman, obat, asuransi, perbankan, transportasi serta kosmetik.
(m-adh/B010)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010