Jakarta (ANTARA) - Duet tim Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz berharap mampu membawa tim Italia itu mendekatkan jaraknya dengan McLaren di klasemen konstruktor ketika Grand Prix Spanyol pada Minggu.

Ferrari kembali menunjukkan perbaikan performa mereka musim ini setelah Leclerc dan Sainz masing-masing mengamankan posisi start P4 dan P6 untuk balapan keempat di kalender tersebut.

Tahun lalu, Leclerc menjadi pebalap Ferrari terdepan di P9, dengan jarak 1,5 detik dari pole sitter. Namun, musim ini sang pebalap Monako itu mampu finis P4, terpaut 0,769 detik dari Lewis Hamilton yang meraih rekor pole position ke-100 dalam kariernya di Barcelona.

Baca juga: Pertempuran dilanjutkan di Catalunya, Hamilton incar pole ke-100
Baca juga: 'Ini seperti yang pertama,' kata Hamilton merayakan pole ke-100

Sedangkan Sainz mengklaim P6, sepersepuluh detik di belakang tandemnya.

Sementara dua mobil McLaren akan mengancam dari belakang ketika Daniel Ricciardo dan Lando Norris finis P7 dan P9.

Leclerc berharap mampu memangkas jarak 11 poin dari McLaren untuk perebutan peringkat tiga klasemen.

"Saya senang dengan P4. Itu upaya terbaik yang bisa kami lakukan hari ini," kata Leclerc seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Baca juga: Hamilton tercepat di FP2 GP Spanyol, ungguli Bottas dan Leclerc
Baca juga: Verstappen tercepat di FP3 GP Spanyol, Ferrari unjuk gigi


"Saya merasa kami bisa (mengalahkan McLaren). Kami berada di posisi yang baik. Kami berdua start di depan McLaren... ini pertempuran penting bagi kami, karena secara realistis kami bertarung untuk klasemen konstruktor, juga dengan Alpine, jadi poin akan sangat penting besok."

Sementara itu, Sainz merasa lebih nyaman kali ini di balik kemudi SF21, tetapi masih khawatir dengan masalah degradasi ban pada balapan nanti.

"Kami masih cemas soal degradasi ban kami. Kami menyadari lagi di jarak panjang pada Jumat bahwa kami masih kurang di sana, tapi pada saat yang sama, kami mencoba mengatasinya.

"Akan butuh waktu, kami harus lebih di mobil ini. Kita lihat apa yang bisa kami lakukan besok, tapi balapan biasanya lebih berat daripada Sabtu bagi kami.

Sainz akan berharap hasil yang baik di kampung halamannya nanti setelah mendapati posisinya melorot dari P5 ke P11 di Portimao.

Baca juga: Bos tim Mercedes tegaskan tak akan depak Bottas di tengah musim
Baca juga: Vettel nikmati progres mobil Aston Martin di Catalunya
Baca juga: Correa kembali membalap, 20 bulan setelah tragedi di Spa

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021