Makassar (ANTARA News) - Musisi sekaligus komposer Indonesia Dwiki Dharmawan yang berkolaborasi dengan Krakatau Band serta musisi Jazz Makassar Labbiri Band menghentak ratusan penonton dengan paduan musik melayu berdasarkan tradisi budaya.

Kolaborasi musisi budaya yang tampil di penghujung acara, Sabtu pukul 23.00 Wita menampilkan komposisi musik tradisional modern yang menghibur seluruh penonton yang hadir di acara festival Jazz Fort Rotterdam (JFR) Makassar.

"Saya senang dan bangga atas penampilan kami karena kolaborasi yang kami padukan menggambarkan ciri dan karakter bangsa yang mempunyai banyak budaya dan tradisi," katanya.

Pada kolaborasi itu, Dwiki memadukan budaya Jawa, Aceh dan Sulawesi Selatan yang menghadirkan musik tradisional yang asik didengarkan oleh penonton.

Sajian musik jazz selama enam jam itu seakan tidak terasa bagi penikmat musik jazz Makassar maupun penonton yang berasal dari negara-negara Eropa.

Bahkan beberapa wisatawan mancanegara banyak yang mengabadikan penampilan kolaborasi itu serta penampilan apik dari Balawan Trio yang lebih banyak mempertontonkan kemampuannya dalam mengolah alat musik tersebut.

"Kolaborasi yang kita pertunjukan ini mendapat sambutan hangat dari penonton baik penonton dari Sulawesi maupun penonton dari wisatawan mancanegara," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, kolaborasi budaya dan tradisi ini diangkat ke dunia Internasional. Dia mengaku senang bisa membantu daerah-daerah yang mempunyai potensi untuk diangkat ke dunia Internasional.  (MH/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010