Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) mengalami peningkatan transaksi pada April 2021 yang bertepatan bulan Ramadhan, sebesar 282 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi juga menjelaskan bahwa transaksi Adira pada April 2021 meningkat 11 persen jika dibandingkan Maret 2021.

"Transaksi meningkat 282 persen pada bulan April jika dibanding tahun lalu. April 2021 dibanding Maret 2021 juga naik 11 persen," kata Swandajani Gunadi kepada pewarta, Rabu (5/5) petang.

Lebih lanjut, Swandajani menjelaskan, pada akhir Maret 2021 terdapat 831 ribu kontrak nasabah yang telah direstrukturisasi oleh Adira Finance senilai Rp19 triliun. Hal itu mewakili sekitar 35 persen dari piutang yang dikelola per Februari 2020.

Direktur Penjualan, Service dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan menjelaskan bahwa kenaikan transaksi pada April 2021 dibanding tahun lalu disebabkan adaptasi masyarakat terhadap pandemi COVID-19.

"Memang, transaksi April 2021 dibanding April 2020 angkanya luar biasa. Tapi perlu diingat bahwa angka ini menjadi besar sebab April 2020 pandemi sedang tinggi," kata dia.

Kendati demikian, Niko menjelaskan bahwa Adira Finance optimistis ekonomi Indonesia berangsur membaik dan hal itu mulai terlihat dari meningkatnya daya beli masyarakat.

Program Ramadhan

Selama Ramadan, Adira Finance menggelar "Sahabat Flash Deal" yang berlangsung 5 April – 12 Mei 2021 di semua channel digital Adira Finance, yaitu aplikasi adiraku, momobil.id, momotor.id, dan dicicilaja.com.

Untuk pengajuan pembiayaan melalui aplikasi adiraku, tersedia promo bonus hingga 4 juta adirapoin. Kemudian untuk pembiayaan mobil melalui momobil.id, akan diberikan suku bunga rendah mulai 2,6 persen, provisi mulai 0 persen.

Sementara untuk pengajuan pembiayaan sepeda motor melalui momotor.id, tersedia cashback senilai Rp500 ribu. Untuk konsumen yang mengajukan pembiayaan untuk fasilitas dana multiguna melalui dicicilaja.com juga tersedia cashback hingga Rp500 ribu.

Adira Syariah

Adira Finance menguatkan Unit Usaha Syariah dengan menambah dua Kantor Cabang Syariah masing-masing di Medan-Sumatera Utara, dan Samarinda-Kalimantan Timur.

"Kedua kantor ini akan menambah 39 Kantor Cabang Syariah Adira Finance yang tersebar di sembilan wilayah operasional perusahaan, untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap pembiayaan dengan prinsip syariah di Indonesia,” kata Niko Kurniawan.

Layakan syariah itu juga memberikan fasilitas pengajuan pembiayaan Syariah secara online, untuk pembelian produk otomotif melalui digital channel di situs momotor.id dan momobil.id.

“Kami berharap beragam program dan produk syariah ini bisa menjadi solusi keuangan berprinsip syariah, untuk konsumen yang membutuhkan beragam kebutuhan menjelang Idul Fitri, atau pada setiap siklus kehidupan mereka ke depannya,” ujar Niko.

Pada kuartal pertama 2021, total pembiayaan Syariah Adira Finance mencapai Rp 1,1 triliun.

Secara keseluruhan proporsi total pembiayaan baru untuk segmen mobil, sepeda motor dan non-otomotif masing-masing berkontribusi sebesar 53 persen, 44 persen, dan 3 persen.


Baca juga: Adira Finance catatkan pembiayaan baru Rp5,4 triliun di kuartal I 2021

Baca juga: Perhatikan perilaku berkendara agar terhindar dari kecelakaan lalin

Baca juga: Adira sebut pembiayaan otomotif naik 20 persen berkat PPnBMp

 

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021