Jakarta (ANTARA) - Ford mengkonfirmasi bahwa mereka akan menginvestasikan 300 juta dolar untuk membangun kendaraan komersial ringan baru pada tahun 2023 di Pabrik Perakitan Craiova di Rumania, termasuk versi listrik yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

“Operasi Craiova Ford memiliki catatan kuat dalam menghadirkan daya saing dan fleksibilitas kelas dunia. Rencana kami untuk membangun kendaraan komersial ringan baru ini di Rumania mencerminkan kemitraan positif kami yang berkelanjutan dengan pemasok lokal dan masyarakat, serta kesuksesan seluruh tim Ford Craiova,” kata Stuart Rowley, presiden Ford Eropa, dikutip Kamis.

Menambahkan versi serba listrik pada 2024 berarti Craiova akan menjadi fasilitas ketiga Ford di Eropa yang akan memproduksi kendaraan serba listrik. Ini mengikuti investasi baru-baru ini tahun ini di Ford Cologne Electrified Vehicle Center di Jerman dan pabrik Kocaeli Ford Otosan di Turki.

Itu juga merupakan sinyal bahwa Ford sedang dalam jalur yang dipercepat untuk menyediakan pelanggan kendaraan komersial dengan masa depan nol emisi di Eropa.

Februari lalu, Ford berkomitmen bahwa seluruh jajaran kendaraan komersialnya akan memiliki kemampuan nol emisi, all-electric atau plug-in hybrid, pada tahun 2024, dengan dua pertiga dari penjualan kendaraan komersial Ford diharapkan berpenggerak listrik atau plug-in hybrid pada 2030.

Kendaraan komersial ringan baru ini juga akan dilengkapi dengan beberapa mesin bensin dan diesel konvensional Ford. Ini akan mencakup, misalnya, mesin diesel berteknologi canggih dari Pabrik Mesin Dagenham Ford dan transmisinya akan bersumber dari Ford Halewood Transmissions Limited, keduanya berbasis di Inggris.

Keseluruhan investasi Ford dalam operasi manufaktur Rumania--termasuk pengumuman investasi terbaru ini--mendekati 2 miliar dolar sejak mengakuisisi fasilitas Craiova pada tahun 2008.

Peningkatan signifikan telah dilakukan pada pengoperasian pabrik Craiova dalam beberapa tahun terakhir, dengan lebih dari 600 robot dipasang untuk lebih meningkatkan efisiensi dan kualitas pada bengkel, pengecatan, pengecatan, trim, dan sasis.

Sekitar 6000 orang dipekerjakan dalam operasi perakitan kendaraan dan mesin di pabrik tersebut. Selain Puma, Ford Craiova saat ini membangun SUV kecil Ford EcoSport dan mesin EcoBoost 1.0 liter.


Baca juga: Ford hentikan sementara pabrik truk F-150 karena kurangnya chip global

Baca juga: Ford investasi besar-besaran di Afrika Selatan

Baca juga: Alasan Ford tutup tiga pabrik mereka di Brasil

Pewarta: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021