London (ANTARA News/AFP) - Inggris mengatakan Rabu hendak membayar hingga 5.000 pound (7.800 dolar, 6.000 euro) dari harga pembelian sebuah mobil baru rendah-karbon, meskipun desakan pengetatan mengancam program tersebut.

Total 43 juta pound disediakan bagi program antara Januari 2011 hingga Maret 2012 tersebut, departemen bisnis mengatakan. Anggaran selebihnya akan diputuskan setelah pelaksanaan peninjauan pengeluaran tahun ini.

"Sinyal kami jelas bahwa Inggris terbuka untuk bisnis dan komit hendak menghijaukan ekonomi kami. Ini untuk memastikan kalau Inggris memimpin dunia dalam hal kendaraan emisi-rendah," kata Menteri Transportasi Philip Hammond.

Subsidi tersebut diusulkan oleh pemerintahan Partai Buruh sebelumnya pada 2009 namun koalisi baru Perdana Menteri David Cameron, yang berkuasa Mei, mempertanyakan apakah Inggris mampu menanggungnya selagi keluar dari resesi.

Pemerintahan Cameron memberlakukan secara ketat serangkaian penghematan pengeluaran untuk mengatasi defisit anggaran yang mencapai rekor.

Hibah sebatas 5.000 pound itu akan mengurangi hingga 25 persen biaya yang dibayarkan di muka untuk kendaraan yang mematuhi standar emisi ketat. (K004/R009/TERJ)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010