Jakarta (ANTARA News) - Dewan pimpinan pusat Partai Amanat Nasional akan membahas mengenai mundurnya Ratu Munawaroh dari keanggotaan DPR Fraksi PAN dalam rapat rutin besok (Kamis 29 Juli).

"Kita sudah mendengar soal pernyataan itu, kemudian langkah yang kita ambil adalah kita akan klarifikasi lebih lanjut agar informasi yang beredar di masyarakat menjadi jelas," kata Sekrataris Jenderal PAN Taufik Kurniawan di Gedung MPR/DPR di Jakarta, Rabu.

Munawaroh, kata Taufik, sudah menghadap Ketua Fraksi PAN Asman Abnur dan menyampaikan keinginannya untuk mundur.

"Sebenarnya, menurut informasi dari fraksi, bulan lalu beliau sudah menghadap ketua fraksi dan menyampaikan bahwa yang bersangkutan ada hal yang menjadi pertimbangan untuk mundur yaitu keluarga," kata wakil Ketua DPR itu.

Taufik membantah jika pengunduran diri Munawaroh karena sering absen, baik di Rapat Paripurna dan rapat-rapat komisi DPR.

"Tidak ada karena teguran sama sekali dari DPP PAN. Yang jelas, besok dalam rapat, beliau diundang oleh fraksi untuk kita konfirmasi, kemudian setelah dikonfirmasi selanjutnya dibawa ke DPP PAN, dan bagaimana mekanismenya pastinya kita sesuai dengan mekanisme partai," kata Taufik.

Lebih lanjut disebutkan, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sudah mengetahui perihal pengunduran diri Munawaroh itu.

"Pak Hatta sudah diberitahu, beliau juga meminta masalah Munawaroh dikonsultasikan dulu ke fraksi, lalu setelah itu sampaikan pada partai, dan kemudian baru partai mengambil sikap, dan pastinya itu setelah kita mendengar dari penuturan dari beliau," katanya.

Seperti diketahui, Ratu Munawaroh telah bolos selama 10 kali dalam masa sidang paripurna DPR periode 5 April-18 Juni 2010. Merasa bersalah pada publik, FPAN meminta maaf.

"Kepada publik kita perlu menyampaikan permintaan maaf," kata Wakil Sekjen PAN Teguh Juwarno

Menurutnya, pihaknya memang kecewa dengan absensi Ratu. Tapi, ada masalah personal dan partai yang tetap perlu diperhatikan terkait kasus Ratu.

"Tapi kita tetap harus empati karena beliau mengurus suami yang sedang sakit dan setelah itu ada Pilkada Jambi," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PAN Asman Abnur menyatakan bahwa Munawaroh telah menyampaikan niatnya untuk mundur.

"Saudaraku Ratu Munawaroh saat ini sedang dalam proses administrasi pengunduran diri sebagai anggota DPR RI," kata Ketua FPAN DPR, Asman Abnur.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010